Artikel Pilihan Editor

VIDEO: Masa Tenang, Bawaslu Bandar Lampung Tertibkan APK

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com) : Memasuki masa tenang kampanye pemilihan umum (Pemilu) 2019 Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandar Lampung menertibkan ratusan alat peraga kampanye (APK) yang tersebebar di sudut sudut kota Bandar Lampung, Minggu (14/4/2019).

Dalam penertiban tersebut, Bawaslu Bandar Lampung yang terdiri dari enam tim, dibantu puluhan aparat personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandar Lampung yang langsung dikomandoi oleh Kepala Pol PP Bandar Lampung Paryanto.

Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung Candrawansah mengatakan, penertiban tersebut bertujuan untuk melakukan pencegahan terhadap adanya serangan fajar dan menjaga kondusifitas pemilu yang saat ini sudah memasuki masa tenang.

"Hari ini mulai kita tertibkan APK bersama tim pengawas yang tersebar di seluruh penjuru Kota Bandar Lampung. Kita juga memberikan peringatan kepada pihak advertising untuk menurunkan APK berbayar. Jika belum diturunkan akan kami tertibkan sendiri," kata Candra.

Candra meminta kepada seluruh jajaran panitia pengawas dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS), hingga pengawas kecamatan untuk turun langsung dalam penertiban. Jika melihat APK yang masih terpasang di pinggir jalan langsung copot dan tidak mengandalkan pihak lain.  "Kita target satu hari sebelum pencoblosan sudah selesai semuanya, baik yang berada di jalan protokol maupun di gang kecil. Karena saya pantau banyak yang masih menjamur," ujar dia.

Selain melakukan penertiban APK, Bawaslu Bandar Lampung juga mengintruksikan kepada seluruh jajaran pengawas untuk melakukan patroli pengawasan disepanjang jalan dan sekitar tempat tinggal. Apabila ditemukan pelanggaran harus dilakukan pencatatan dan dilaporkan secara berjenjang. (FEBRI/PRO2)


Artikel Terkait



Comments