Artikel Pilihan Editor

VIDEO: Terobos Daerah Terpencil, Anggota Polres Mesuji Berjibaku Kawal Logistik Pemilu

MESUJI (Lampungpro.com): Luasnya wilayah Kabupaten Mesuji dan masih adanya wilayah yang harus dijangkau menggunakan transportasi air menggunakan perahu, menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara pemilu di Mesuji baik itu KPU, Bawaslu, maupun pihak pengamanan seperti TNI dan polri. Terlebih saat intensitas curah hujan sangat tinggi.

Banyaknya kawasan terpencil harus dilalui dengan perjuangan mengatasi kesulitan mengirimkan surat suara. Harus berhitung dengan cuaca serta kondisi medan, sehingga pihak terkait dalam pengawalan anggota Kepolisian Polres Mesuji bernama Bripda Jaka melaporkan dengan cara memvideokan kondisi saat menyebrang sungai, dalam kondisi hujan deras.

Ketua KPU Kabupaten Mesuji Ali yasir mengatakan, KPU Mesuji menggunakan kapal khusus karena ada 3 kecamatan yang menjadi perhatiannya dalam distribusi logistik ini. Di 3 kecamatan tersebut teradapat 35 TPS yang harus menyebrang sungai, seperti di Rawajitu Utara, Tanjungraya, dan Kecamatan Mesuji. Kegita daerah ini menjadi wilayah yang cukup menyulitkan pendistribusian Alat Kelengkapan (Alkap) Pemilu ini. Pasalnya, di kecamatan itu terdapat TPS yang harus dijangkau dengan perahu kecil (Otok).

"Kami harus bekerja ekstra karena jarak menuju TPS itu hanya bisa ditempuh menggunakan otok. Namun begitu, alhamdulillah semua dapat terselesaikan dengan baik seperti hari ini kita bersama Aparat kepolisian dan Bawaslu menyalurkan logistik di Desa Tanjung Seraya dan Desa Tirtalaga kecamatan Mesuji berjalan dengan lancar," kata dia, Sabtu (13/4/2019).

Ali menjelaskan, dalam pendistribusian alat kelengkapan logistik Pemilu 2019 ini banyak hambatan seperti hujan. Hanya saja, berkat kegigihan seluruh pihak akhirnya seluruhnya dapat diselesaikan. "Kendala yang dialami persoalan cuaca, jarak dan yang lainnya. Tapi semangat seluruh pihak, khususnya petugas amat baik sehingga seluruh Alkap Pemilu hari ini dapat sampai ke dua desa tersebut, yaitu Desa Tirtalaga dan Desa Tanjungseraya," jelas dia.

Sementara, terkait viralnya video anggota kepolisian dari Polres Mesuji di media sosial mengawal logistik pemilu di kondisi hujan. Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo, menerangkan dalam pengamanan pengiriman logistik tersebut pihaknya telah melakukan pengamanan secara maksimal dalam mengawal distribusi surat suara sampai ke desa-desa yang ada di Mesuji.

Pengamanan terutama pada daerah jalur rawan seperti rawan cuaca alam dalam pendistribusian logistik nya ada yang mengunakan Otok. "Untuk itu kita juga memastikan agar pemilu sampai dengan selesai nya nanti aman. Mohon doa agar seluruh personel yang pengamanan diberi kesehatan dan keselamatan, sehingga bisa mewujudkan pemilu 2019 yg aman, damai dan sejuk di Kabupaten Mesuji," terang dia.(ROSARIO/PRO2)


Artikel Terkait



Comments