Artikel Pilihan Editor

Wah...GI Mini dan GI Menggala akan Alami Pemadaman Listrik
Ilustrasi pemadaman listrik. | IST/Lampungpro.com
Ilustrasi pemadaman listrik. | IST/Lampu...

Wah...GI Mini dan GI Menggala akan Alami Pemadaman Listrik

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Gardu Induk (GI) Mini dan GI Menggala akan mengalami pemadaman aliran listrik pada Sabtu, (13/1/2018). Padam yang terjadi minggu lalu ternyata menimbulkan dampak yang tidak sedikit pada peralatan jaringan listrik PLN, khususnya Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV jalur Kotabumi-Menggala.

Deputi Manager Hukum Dan Humas PT PLN Distribusi Lampung, Hendri AH, mengatakan setelah terjadi gangguan pada minggu lalu dan meskipun telah normal kembali, PLN berinisiatif melakukan inspeksi jaringan untuk memastikan dampak dari gangguan tersebut pada peralatan lainnya. "Tidak tanggung-tanggung inspeksi jaringan SUTT ini dilakukan di 170 titik tower SUTT atau hampir sepanjang 80 km yang membentang dari Gumawang, Menggala hingga Kotabumi," kata dia.

Hendri menjelaskan, inspeksi yang dilakukan sejak Selasa (9/1/2017) hingga hari ini (12/1/2018) menghasilkan beberapa temuan titik kritis jaringan. Apabila dibiarkan akan menimbulkan terputusnya kembali suplai listrik dari Sumatera Selatan yang tentunya akan menyebabkan padam di wilayah Lampung.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Untuk antisipasi sementara, PLN melakukan pengurangan beban di jaringan transmisi Kotabumi-Menggala/ Sehingga, beberapa hari ini di wilayah Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji dilakukan pemadaman bergilir.

“Hasil dari inspeksi jaringan yang dilakukan, telah ditemukan titik kritis yang harus segera dilakukan perbaikan. Untuk itu diperlukan pemadaman gardu induk yang disuplai oleh SUTT 150 kV Kotabumi-Menggala, yakni GI Menggala dan GI Mini Tulangbawang Barat, agar pekerjaan perbaikan dapat dilakukan dengan cepat dan tentunya aman untuk petugas kami,” ujar Hendri.

Hendri mengungkapkan, bahwa pemadaman direncanakan akan dilakukan pada Sabtu pukul 07.00–pukul 16.00 WIB. Adapun daerah padam meliputi seluruh Kabupaten Tulangbawang, Tulangbawang Barat dan Mesuji. “Atas nama Manajemen PLN Distribusi Lampung, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Semoga pekerjaan berjalan tanpa hambatan dan tentunya petugas kami akan berupaya semaksimal mungkin agar pekerjaan dapat selesai sesuai jadwal,” kata Hendri.

Selanjutnya, untuk kemudahan informasi dan layanan silahkan hubungi Contact Center PLN di telepon (0721)123, website www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123 dan twitter @PLN123. Informasi jadwal pengurangan beban dan pemadaman terencana dapat dilihat di Facebook PLN Distribusi Lampung. (REKANZA/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait