Artikel Pilihan Editor

Tak Lolos Tes Kesehatan, Pasangan Bakal Calon Bisa Diganti
Komisioner KPU Provinsi Lampung M. Tio Aliansyah. | IST/Lampungpro.com
Komisioner KPU Provinsi Lampung M. Tio A...

Tak Lolos Tes Kesehatan, Pasangan Bakal Calon Bisa Diganti

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menyerahkan sepenuhnya tes kesehatan para pasangan calon bakal gubernur dan wakil gubernur kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek. Pemeriksaan tes kesehatan sendiri sudah dimulai sejak Kamis (11/1/2018) hingga Sabtu (13/1/2018). Hingga hari ini, berdasarkan jadwal KPU, sudah tiga pasang bakal calon melakukan tes kesehatan.

Hari pertama, Kamis (11/1/2018) ada dua pasang calon, yaitu Mustafa - Ahmad Jazuli Jazuli dan Herman HN - Sutono. Sementara pada hari kedua, Jumat (12/1/2018), pasangan Arinal Djunaid - Chusnunia Chalim melakukan tes kesehatan. Hari terakhir, RSUD Abdul Moeloek akan melakukan tes kesehatan pada pasangan petahana, M. Ridho Ficardo - Bachtiar Basri.

Apabila ada pasangan bakal calon, atau salah satu diantaranya tidak lolos tes kesehatan, maka KPU akan meminta partai pengusung mencarikan penggantinya. Tes kesehatan merupakan tes vital yang menjadi syarat utama bakal calon kepala daerah. "Kami minta partai pengusung carikan penggantinya," kata Komisioner KPU Provinsi Lampung M. Tio Aliansyah, Jumat (12/1/2018) siang.

Menurut Tio, hal ini sesuau Undang-Undang dan Peraturan KPU. Namun, Tio enggan membeberkan apa saja yang dapat membatalkan bakal calon dalam tes kesehatan. "Itu pihak rumah sakit yang tahu, KPU hanya menerima berita acara," kata dia.

Kemudian, kata Tio, apabila ada yang gagal, KPU akan menunggu pengganti dari partai pengusung hingga 20 Januari 2018. Sementara, penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan oleh RSUD Abdul Moeloek kepada KPU akan diberikan pada Selasa (16/1/2018). "Ya tunggu saja," kata Tio. (SYAHREZA/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait