Artikel Pilihan Editor

Puncak Musim Hujan Diperkirakan Berakhir Bulan Ini
Hujan lebat menyebabkan daerah banjir dan kendaraan mogok. | Ist/Lampungpro.com
Hujan lebat menyebabkan daerah banjir da...

Puncak Musim Hujan Diperkirakan Berakhir Bulan Ini

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Cuaca ekstrem dan tak menentu mengharuskan masyarakat harus waspada. Pasalnya, karena cuaca tak menentu terkadang dibarengi dengan angin kencang yang bisa sebabkan pohon tumbang. Selain itu, daerah rawan longsor pun harus dihindari saat musim seperti ini.

Badan Meteorologo, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung memperkirakan cuaca seperti ini akan berakhir pada bulan Januari. Beberapa hari kedepan, diperkirakan Lampung masih akan mengalami penambahan curah hujan. "Masyarakat diminta waspada saat hujan lebat disertai angin," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Rudi saat dihubungi Lampungpro.com melalui whatsapp, Jumat (12/1/2018) pagi.

Rudi mengatakan perkiraan bisa dilihat dari dinamika atsmosfera. Dinamika atsmosfera yaitu adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah barat daya Jawa dan sebelah barat benua Australia. Selain itu, massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Indonesia, termasuk Lampung. "Ini mendukung pertumbuhan awan hujan," kata dia.

Khusus Lampung, kata Rudi, berpotensi hujan lebat pada sore dan malam hari. Daerah yang berpotensi hujan lebat yaitu Bandar Lampung, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, Tulangbawang, Lampung Utara dan Lampung Tengah. "Masyarakat di daerah tersebut diminta berhati-hati," kata dia. (SYAHREZA/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait