Artikel Pilihan Editor

Wow...Pilkada 2018, Jumlah Calon Terbanyak Berasal dari PNS
Ilustrasi PNS yang mendaftar di Pilkada 2018. | NUSANTARA/Lampungpro.com
Ilustrasi PNS yang mendaftar di Pilkada ...

Wow...Pilkada 2018, Jumlah Calon Terbanyak Berasal dari PNS

JAKARTA (Lampungpro.com): Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 ini sudah mencatat 561 pasangan calon kepala daerah yang syarat pendaftarannya diterima Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). Dari jumlah pasangan itu, paling banyak pesertanya memiliki pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Menurut data dari laman resmi KPU jumlah PNS yang mendaftar mencapai 154 orang pada saat penutupan 10 Januari 2018. Profesi kedua terbanyak adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten/kota sebanyak 147 orang.

Berdasarkan data KPU, sebagian besar PNS itu mencalonkan diri sebagai bupati dan wakil bupati. “Calon wakil bupati berjumlah 61 orang dan wakil bupati 56 orang,” demikian data pada tabel pasangan calon di laman resmi KPU.

Namun, tidak semua calon pendaftarannya diterima KPUD. Tercatat ada 3 pasangan calon yang pendaftarannya ditolak. Ketiga pasangan yang ditolak adalah  Chairil Syah dan Mualimin mendaftar untuk Wali Kota/Wakil Wali Kota Palembang melalui jalur perseorangan. Selain itu, Drs. Siswandi dan Drs. Euis Fety Fatayati, pendaftar calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Cirebon yang didukung PAN dan Gerindra  dan . Ones Pahabol dan Petrus Yoram Mambai, pendaftar calon Gubernur/Wakil Gubernur Papua yang didukung oleh PKPI.

KPUD juga memerintahkan sembilan pasangan calon untuk memperbaiki berkas pendaftarannya. Sementara, di Lampung sendiri Pilkada akan dilakukan dalam Pemilihan Gubernur Lampung serta dua kabupaten yaitu Tanggamus dan Lampung Utara. Petahana Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo kembali berpasangan dengan Bachtiar Basri yang selama ini menjadi wakilnya.

Sehingga, pasangan petahana itu akan bertarung melawan pasangan dua mantan sekda Provinsi Lampung, dua bupati, satu wali kota dan satu anggota DPD RI. Mereka yang bertarung adalah pasangan Ridho-Berbakti, Pasangan Herman HN (Wali Kota Bandar Lampung) dan Sutono (Sekdaprov Lampung). Kemudian, pasangan Mustafa (Bupati Lampung Tengah) dan Ahmad Jajuli (anggota DPD RI); dan pasangan Arinal Djunaidi (mantan Sekdaprov Lampung) dan Chusnunia Chalim (Bupati Lampung Timur). (**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait