Artikel Pilihan Editor

Bupati Nunik Ajak Masyarakat Lampung Timur Gotong Royong
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim. | TIM JAYA/Lampungpro.com
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim. |...

Bupati Nunik Ajak Masyarakat Lampung Timur Gotong Royong

 

LAMPUNG TIMUR (Lampungpro.com): Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengajak masyarakat setempat bergotong royong melalui koin kebaikan. Koin kebaikan merupakan program Nunik--sapaan akrab Chusnunia Chalim--yang mengajak masyarakat untuk menabung di kaleng. Kaleng tersebut difungsikan untuk tabungan uang koin, yang isinya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bupati perempuan pertama di Lampung itu mengatakan koin kebaikan memiliki pola implementasi gotong royong. Gotong royong pun tak harus berupa fisik, tetapi bisa saling melengkapi. "Yang lebih melengkapi yang kurang, yang luas melengkapi yang sempit," kata Nunik, Kamis (11/1/2018).

Koin merupakan salah satu yang bisa dibagi. Karena, kata Nunik, memulai sesuatu bisa dari yang sederhana dan bermanfaat. Ia pun mengutarakan program itu telah dimulai di sebagian desa. Seperti di Desa Tanjungkencono, Kecamatan Waybungur, masyarakat saling berbagi hasil panen ketika memasuki musimnya. Hasil panen masyarakat dikumpulkan oleh satu koordinator yang hasilnya dipakai untuk warga yang membutuhkan. "Bisa juga untuk membenahi tempat ibadah," kata mantan anggota DPR RI itu.

Program ini juga ditujukan kepada pejabat setempat. Sesuai Surat Edarab Bupati Lampung Timur nomor 466/05/04/UK/2018 tertanggal 4 Januari 2018, program ini juga ditujukan kepada seluruh kepala sekolah, camat, kepala puskesmas dan juga kepala desa se-Lampung Timur. (TJ/**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait