Artikel Pilihan Editor

Polda Lampung Peringkat Ketiga Anugerah KI 2017 Kategori Instansi Vertikal
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Sulistyaningsih. | IST/Lampungpro.com
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Sulisty...

Polda Lampung Peringkat Ketiga Anugerah KI 2017 Kategori Instansi Vertikal

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Polda Lampung meraih peringkat ketiga dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Kategori Instansi Vertikal Provinsi Lampung Tahun 2017. Penganugerahan diberikan dalam acara yang digelar Komisi Informasi (KI) Provinsi Lampung di Hotel Sheraton Lampung, Rabu ( 6/12/2017).

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Sulistyaningsih menjelaskan, kegiatan itu dihadiri Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri. Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan terkait Informasi untuk semua instansi harus membuka diri untuk memberikan Informasi kepada masyarakat.

Pemeringkatan keterbukaan informasi publik se-Provinsi Lampung diselenggarakan dari Agustus 2017 yang terbagi atas lima kategori. Yaitu, Satuan Kerja Pemerintah Provinsi Lampung terdiri dari 39 instansi. Kemudian, Badan Usaha Milik Negar/ Daerah (BUMN/BUMD) terdiri dari 36 instansi.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung terdiri dari 15 intansi. Perguruan tinggi negeri dan swasta 16 instansi. “Sedangkan instansi vertikal terdiri dari 23 instansi. Dan kami masuk peringkat ketiga di kategori ini,” kata Sulistyaningsih, kepada Lampungpro.com, Kamis (7/12/2017).

Masing–masing instansi, kata Sulis, mengirimkan Self Assesment Questionnaire (SAQ) yang diberikan KI kepada instansi. KI sendiri menjadwal penilaian pemeringkatan keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2017 terdiri sejak Agustus sampai pengumuman pemenang pada 6 Desember 2017.

Menurut dia, Polda Lampung sendiri masuk ke dalam kategori Intansi Vertikal dengan 23 instasi yang diseleksi.  Peringkat  pertama di raih BPK RI Perwakilan Lampung, Peringkat ke dua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Peringkat ketiga Polda Lampung, peringkat empat BPKP Perwakilan Lampung, dan Peringkat lima Kanwil Kementerian Agama Lampung. (**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait