Artikel Pilihan Editor

Toni Tanamal: Kini Libero BPJS Lampung

MUNGKIN banyak yang belum tahu, kalau Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Lampung ini adalah mantan pemain dan kapten Persija Jakarta di era 1986-1994. Ya, Toni Tanamal, dulu dengan posisi sebagai libero, saat ini menjadi seorang pejabat.

Toni Tanamal yang juga sempat digembleng PSSI Garuda pada 1982 itu. Namun, saat ini, dia tidak lagi bergelut di dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya. Toni yang mengawali karir bekerja di Asuransi Ketenagakerjaan (Astek) tahun 1987 itu, justru mengaku masih tetap bermain sepak bola. 

"Perusahaan tempat bekerja waktu itu memperbolehkan pegawai yang berprestasi untuk bermain dan berlatih. Kami mendapatkan dispensasi," kata dia, dalam suatu kesempatan.

Pemain seangkatan timnas lainnya, seperti Subangkit, Tonggo Tambunan, Marsely Tambayong, Didik Darmadi, Ricky Yakobi, dan lain-lain itu, mengaku masih tetap mencintai sepak bola. "Jika saya ke Jakarta, pasti main bola bersama teman seangkatan maupun pemain muda di Persija," kata dia.

Namun aktivitas pekerjaan di BPJS Lampung, lanjutnya, membuat dirinya jarang untuk menyentuh lagi si kulit bundar. "Kesibukan yang membuat saya jarang untuk sekadar mencari keringat bermain bola di sini. Olahraga saya hanya jogging pagi di Stadion Pahoman," kata mantan pemain PSSI Garuda era tahun 1982--1985 itu pula.

Pengagum Paolo Maldini dan Franco Baressi yang telah beberapa kali mengikuti turnamen di luar maupun dalam negeri seperti Merdeka Games (Malaysia), Piala Kemerdekaan, dan kejuaraan lainnya itu menginginkan liga di Tanah Air kembali bergulir. (*)



Komentar