Artikel Pilihan Editor

Sambut Hari Kopi Internasional di Lampung, Lacoca Hadirkan Kopi Ghalkoff
Menikmati enaknya olahan kopi Ghalkoff di Hotel Horison Bandar Lampung. | REKANZA/Lampungpro.com
Menikmati enaknya olahan kopi Ghalkoff d...

Sambut Hari Kopi Internasional di Lampung, Lacoca Hadirkan Kopi Ghalkoff

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Sejuk dan dinginnya udara malam itu serasa menghembus sampai ke tulang. Suara gemercik air dari kolam renang membawa suasana semakin santai. Alunan musik klasik pun ikut menemani suasana santai malam di pinggiran kolam renang Hotel Horison Lampung. Matapun tertuju pada sebuah kedai kopi yang berada di sudut kolam. Tertera jelas beberapa produk berjenis Kopi Robusta.

Ya, di kalangan pecinta kopi, jenis kopi Robusta ini merupakan salah satu kopi khas Lampung. Kopi Robusta sejak lama menjadi komoditas kopi yang ditanam oleh petani kopi di Lampung. Berkat kenikmatannya saat ini kopi Lampung telah mendunia. Kembali ke suasana malam itu, Lampungpro.com menyambangi kedai kopi yang bertuliskan Lampung Coffe Cafe (Lacoca). Sejenak mata memandangi banyaknya produk kopi yang disediakan. Kemudian, kami pun mencoba beberapa olahan kopi khas Lacoca.

Barista Lacoca Ardi Santoso menjelaskan kepada kami bahwa Lacoca menyajikan kopi Robusta asli Lampung dengan pengolahan spesial yang disebut Ghalkoff. Menurutnya, selain rasanya yang nikmat, kopi dengan sajian Ghalkoff ini memiliki banyak manfaat untuk para pecinta kopi. Yaitu dapat menurunkan strees, menambah stamina, membuat tubuh menjadi rileks, dan ada kopi khusus diet serta anti diabet.

Kami memilih kopi khas Lacoca yaitu coffe wine, dari nama mungkin terpikir kopi ini memabukkan. Namun, nyatanya kopi ini aman bagi kesehatan Lampung, dan tidak seseram namanya. Kopi ini menjadi ciri khas karena aromanya yang nikmat dan banyak disukai oleh turis mancanegara. Untuk membuat coffe wine dibutuhkan proses fermentasi kurang lebih satu bulan.

Pengelola Lacoca Jubaidillah mengatakan, pengolahan Ghalkoff merupakan proses fermentasi menggunakan mikroba aktif, sehingga menghasilkan enzim yang sama dengan kopi luwak. Proses ini dapat menurunkan kadar protein dan kafein hingga 0.75 persen. Yang membuat kopi Ghalkoff aman dikonsumsi siapapun. “Dalam proses pembuatannya higinies, dan setara kopi luwak. Kopi ini juga semuanya halal. Yang pasti aman untuk lambung,” kata Juju, sapaan akrabnya.

Juju menjelaskan bahwa kedai kopinya menyediakan banyak jenis olahan kopi Robusta. Selain coffe wine, ada kopi original yang memiliki banyak varian seperti relax coffe, diet coffe, hercules coffe, dream coffe, antidiabet coffe. Selain itu, ada kopi mix dengan fanta, sprite, dan cola. Semua olahan kopi ini aman dan tidak memiliki efek samping. Karena semua proses pembuatannya sesuai standar.

Dalam menyambut Hari Kopi Internasional, Lampung menjadi tuan rumah. Juju mengatakan Ghalkoff kopi siap berpartisipasi. Ajang Hari Kopi Internasional jatuh pada 28 September–1 Oktober 2017 di Novotel Lampung. Dan akan menyiapkan berbagai promo menarik bagi seluruh pecinta kopi Ghalkoff.

Salah satu pengunjung yang kami wawancara Anna mengatakan, dia penikmat kopi, terutama kopi Robusta. Ia tertarik dengan olahan kopi original varian relax coffe. Menurutnya, kopi ini memiliki kenikmatan luar biasa, dan dengan campuran tebu dingin menjadikan kopi ini sangat enak dinikmati. Efek dari kopi ini juga tidak membuat mual, dan juga bisa memberikan efek relaksasi. “Saya senang menikmati relax coffe di sini sambil menikmati sejuknya suasana malam di Hotel Horison,” kata Anna.

Bagi pecinta kopi yang masih bingung cari tempat nongkrong dan ngopi nikmat sekaligus sehat, kami anjurkan untuk datang menikmati olahan kopi yang beda dari biasanya dengan suasana hotel yang berkelas. Dan dengan harga yang terjangkau. Kopi Ghalkoff dibanderol dengan harga mulai dari Rp25.000-Rp300.000. Olahan kopi ini juga bisa menjadi oleh-oleh bagi wisatawan. (REKANZA/PRO2)

 

 


Komentar

Artikel Terkait