Artikel Pilihan Editor

297 Calon Kades di Lampung Utara Tanda Tangani Deklarasi Damai
Salah satu calon kepala desa menandatangani Deklarasi Damai. | ASKA/Lampungpro.com
Salah satu calon kepala desa menandatang...

297 Calon Kades di Lampung Utara Tanda Tangani Deklarasi Damai

LAMPUNG UTARA (Lampungpro.com): Sebanyak 297 calon peserta pemilihan kepala desa (pilkades) dari 90 desa di 22 kecamatan Lampung Utara mengikuti Deklarasi Damai di Lapangan Polres Lampung Utara, Kamis (18/5/2017). Selain Kapolres Lampung Utara AKBP Esmed Eryadi, hadir juga dalam Deklarasi Damai itu, Sekkab Lampung Utara Samsir, Asisten I Pemkab Lampung Utara Yuzar, yang juga menjabat Ketua Pelaksana Pilkades Serentak, serta seluruh camat di kabupaten itu.

Yuzar mengatakan Deklarasi Damai dalam Pilkades Serentak di Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017. Hal itu sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Kemudian, PP Nomor  43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksana UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Selain itu, kata dia, tujuan dari Deklarasi Damai untuk menjalin kerja sama antarberbagai unsur di Lampung Utara, TNI, Polri, dan masyarakat dalam menyukseskan Pilkades Serentak 2017. “Serta, menjaga kondusivitas dan ketertiban masyarakat dalam rangka pemilihan kepala desa,” kata dia.

Selain itu, Sekkab Lampung Utara Samsir mengatakan pihaknya menyambut baik diadakannya Deklarasi Damai ini. Dia juga berharap Pilkades yang akan digelar 24 Mei 2017 dapat berjalan dengan sukses dan lancar. "Kepada calon kepala desa, saya yakin semua  merupakan figur yang tepat, serta mempunyai integritas dan kapabilitas yang kelak dapat membangun desanya dan bersinergi dengan pemkab,” kata Samsir.

Sementara, Kapolres Lampung Utara AKBP  Esmed Eryadi menyampaikan pelaksanaan Deklarasi Damai ini merupakan momentum untuk menyatukan persepsi calon kepala desa. Dalam pelaksanaan pilkades, pihaknya menerjunkan 408 personil terdiri dari 318 PAM TPS, 30 personel Dalmas Inti, 60 personel Dalmas Kerangka. "Serta di-backup oleh personel dari Kodim 0412/ Lampung Utara dan Satuan Polisi Pamong Praja,” kata dia. (ASKA/PRO2)

 

Salah satu calon kepala desa menandatangani Deklarasi Damai. | ASKA/Lampungpro.com


Artikel Terkait

Komentar