Artikel Pilihan Editor

Tingkatkan Pertanian, KBRI Ekuador Tawarkan Provinsi Kembar Lampung-Los Rios
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (kanan) berbincang dengan Duta Besar Diennaryati Tjokrosuprihatono, di Ruang Kerja Gubernur Lampung, Selasa (16/5/2017). LAMPUNGPRO.COM
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (kanan...

Tingkatkan Pertanian, KBRI Ekuador Tawarkan Provinsi Kembar Lampung-Los Rios

BANDAR LAMPUNG (Bandar Lampung): Kedutaan Besar RI (BRI) untuk Republik Ekuador menawarkan provinsi kembar antara Lampung dan Los Rios. Kerja sama ini bakal berdampak pada hubungan ekonomi, mengingat kedua provinsi sama-sama berbasis dan unggul di bidang pertanian.

Menurut Duta Besar RI untuk Ekuador, Diennaryati Tjokrosuprihatono, Ekuador memiliki potensi besar di sektor pertanian dan perkebunan yang dapat dimanfaatkan Lampung seperti pisang dan kelapa sawit. "Ekuador juga luar biasa karena banyak kota kecil menjadi percontohan bagi dunia," kata Diennaryati Tjokrosuprihatono, saat bertemu Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo di Ruang Kerja Gubernur Lampung, Selasa (16/5/2017)

Kunjungan Duta Besar RI untuk Ekuador itu, terkait rencana investor Ekuador yang akan meninjau pertanian dan perkebunan Lampung akhir tahun ini. Menurut Dienna, ini merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan Lampung untuk mengembangkan berbagai sektor perkebunan dari Ekuador. "Los Rios adalah provinsi kaya hasil pertanian dan perkebunan. Ini dapat dimanfaatkan oleh Lampung untuk lebih mengembangkan pasar pertanian Lampung dan sumber daya alam lain," ujar Dienna.

Di sela-sela diskusi, Dubes Dienna memuji sosok Gubernur Lampung yang masih muda. Menurut dia, anak muda biasanya kreatif sehingga diharapkan mampu mengembangkan Provinsi Lampung seperti negara-negara maju di dunia.

Menanggapi kunjungan ini, Gubernur Ridho Ficardo menyambut baik peluang kerjasama ini. Apalagi potensi pertanian dan perkebunan di Lampung sangat baik. Bahkan beberapa komoditas itu diekspor ke mancanegara. Di bidang pertanian, Gubernur menyampaikan tengah mengembangkan sistem pupuk online. Pemprov juga tengah mengembangkan sistem pembibitan secara komputerisasi.

Gubernur berharap kerja sama ini juga menghidupkan kembali potensi Lampung seperti udang sehingga makin banyak sumber daya alam Lampung mendunia. Ridho juga berharap selain kerja sama, Lampung bisa belajar lebih banyak keunggulan negara lain."Yang paling penting dari setiap kerja sama antara Provinsi Lampung dan pihak manapun akan mengahasilkan keuntungan dan manfaat bagi Lampung terutama untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat," tegas Gubernur. (PRO1)


Artikel Terkait

Komentar