Artikel Pilihan Editor

Hari Kartini, Bupati Lampung Timur Salah Satu Perempuan yang Berperan dalam Pembangunan
Suasana seminar peringatan Hari Kartini di Aula Rerktorat UIN Radin Intan Lampung, Jumat (21/4/2017). | Ezal/Lampungpro.com
Suasana seminar peringatan Hari Kartini ...

Hari Kartini, Bupati Lampung Timur Salah Satu Perempuan yang Berperan dalam Pembangunan

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, adalah contoh perempuan memiliki peran dalam pembangunan bangsa. “Kegiatan ini, selain untuk memperingati Hari Kartini, juga sebagai refleksi peran perempuan dalam sejarah perkembangan bangsa. Bupati Lampung Timur, Wakil Bupati Pesisir Barat, itu contohnya,” kata Riska, Menteri Pemberdayaan Perempuan Dema UIN Radin Intan Lampung, pada seminar peringatan Hari Kartini di Aula Rerktorat UIN Radin Intan Lampung, Jumat (21/4/2017).

Seminar ini bertema "Menilik Kartini dalam Budaya Patriarkhi dan Upaya Penanggulangan Pekerja Anak". Kegiatan ini digelar Pusat Studi Gender dan Anak, Menteri Pemberdayaan Perempuan Dewan Mahasiswa (Dema) UIN Radin Intan Lampung, dan Lembaga Advokasi Perempuan Damar. Turut hadir dalam kegiatan itu Rektor UIN radin Intan Lampung Prof M Mukri, Veny Renita (Lembaga Advokasi Perempuan Damar), dan Turaihan Aldi (Lembaga Advokasi Anak), serta dosen dan mahasiswa UIN Radin Intan Lampung.

Sementara, Ketua Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (Kopri) Lampung Ana Pratiwi yang hadir dalam seminar itu menegaskan, saat ini, belenggu patriarkhi masih ada di sekitar kita. Menurut Ana, Kartini sebagai tokoh kesetaraan gender harus kita contoh sebagai sosok yang berjasa, terutama terhadap perempuan."Lihat saja, untuk urusan masak masih merasuk dalam masyarakat bahwa itu urusan perempuan."

Acara ini merupakan puncak dari peringatan Hari Kartini. Sebelumnya, Dema UIN Radin Intan Lampung menggelar lomba menulis dan desain poster. Lomba tersebut digelar menggandeng Lembaga Advokasi Perempuan Damar dan Kopri Lampung. (EZAL/PRO2)

 


Artikel Terkait

Komentar