(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName('script')[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6"; fjs.parentNode.insertBefore(jsfjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Kementerian BUMN Buka Seleksi PPB, Lulusan Baru Bisa Dapat Gaji Besar
Gedung Kementerian BUMN
Gedung Kementerian BUMN

Kementerian BUMN Buka Seleksi PPB, Lulusan Baru Bisa Dapat Gaji Besar

JAKARTA (Lampungpro.com): Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengumumkan akan kembali dibuka seleksi program perekrutan bersama (PPB) perusahaan pelat merah tahun ini. Gaji yang ditawarkan pun cukup menggiurkan untuk kategori fresh graduate.

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Rosadi mengatakan, gaji di masing-masing perusahaan negara beragam, tapi rata-rata untuk lulusan baru adalah Rp 6 juta hingga Rp 8 juta. "Beda-beda ya (gaji) setiap BUMN. Rata-rata kisaran Rp 6 juta sampai Rp 8 juta yang saya tahu. Di awal-awal gitu kan," kata dia, Jumat (30/8/2019).

Menurutnya, dibandingkan rata-rata perusahaan swasta, gaji yang ditawarkan oleh BUMN lebih tinggi. Hal itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pencari kerja untuk melamar di perusahaan pelat merah. "BUMN kan mostly lebih besar dari rata-rata swasta yang ditawarkan ya," ucap dia.

Sementara, Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro menjelaskan, tahun ini sudah dilaksanakan PPB gelombang pertama dan akan disusul gelombang kedua. "Tahun ini mungkin masih ada batch kedua. Ini baru batch pertama," jelas dia.

Dia mengungkapkan, berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun ini, BUMN-BUMN yang ada membutuhkan karyawan baru mencapai 11 ribu. Dari kebutuhan tersebut beberapa sudah dipenuhi. "Harusnya tahun ini sesuai dengan rencana anggaran perusahaan itu BUMN butuh sekitar 11 ribu karyawan baru," ungkapnya.(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait