(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName('script')[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6"; fjs.parentNode.insertBefore(jsfjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Ruas Tol Sumatera ini Bakal Jadi yang Terpanjang Kalahkan Bakauheni-Terbanggi Besar
Jalan Tol Trans Sumatera difoto dari atas. | Ist
Jalan Tol Trans Sumatera difoto dari ata...

Ruas Tol Sumatera ini Bakal Jadi yang Terpanjang Kalahkan Bakauheni-Terbanggi Besar

JAKARTA (Lampungpro.com): Sebelum ada Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116 kilometer (km) memiliki predikat sebagai ruas tol yang terpanjang di Indonesia. Namun, gelar jalan bebas hambatan terpanjang itu harus lengser dari Cipali. Hal ini lantaran Tol Trans Sumatera punya tujuh ruas tol yang panjangnya di atas 100 km.

Berdasarkan data dari PT Hutama Karya (Persero), BUMN yang diberi tugas untuk menggarap proyek tol Trans Sumatera, Bakauheni-Terbanggi Besar menjadi ruas terpanjang yang pertama kali dioperasikan secara penuh dengan panjang 140 km, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 8 Maret 2019. Tol yang ruasnya dimulai dari Pelabuhan Bakauheni ini sudah mulai beroperasi sebagian sejak Januari 2018 lalu.

Adapun, dalam waktu dekat Jokowi juga akan segera meresmikan ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang-Kayu Agung. Panjang ruasnya mencapai 185 km. Artinya, panjang ruas ini akan memecah rekor panjang tol yang sudah beroperasi sebelumnya. Selain itu, ada tiga ruas tol terpanjang RI yang panjang ruasnya di atas 200 km, di antaranya Medan-Aceh (470 km), Simpang Indralaya-Bengkulu (327 km) dan Padang-Pekanbaru (255 km).

Berikut adalah progres ruas tol Trans Sumatera panjang lainnya:

1. Pekanbaru-Dumai 131 km
Ruas Pekanbaru-Dumai terdiri dari enam seksi. Seksi 1 yakni Pekanbaru-Minas (9,2 km). Seksi 2 Minas-Petapahan (23,6 km) dan Seksi 3 Petapahan-Kandis Utara (17,5 km). Adapun untuk seksi 4 yakni Kandis Utara-Duri Selatan (28,95 km), seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara, dan seksi 6 Duri Utara-Dumai yakni sepanjang 25,06 km.

Ruas Pekanbaru-Dumai berperan sebagai penghubung penting yang menghubungkan Jawa dan Sumatera dan berfungsi sebagai jalan akses utama dari Pelabuhan Bakauheni sekaligus dapat mengurangi waktu tempuh.

2. Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat 143 km
Ruas ini merupakan terusan dari ruas tol Kualanamu-Tebing Tinggi-Parapat. Rencananya bisa beroperasi penuh pada 2020. Ruas jalan tol ini akan terdiri dari enam seksi. Di antaranya seksi 1 yakni Tebing Tinggi-Indrapura (20,4 km), seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang (15,6 km), seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan (30 km). Kemudian, seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar (28 km), seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok (22,3 km), dan seksi 6 Seribudolok-Parapat (16,7 km).

3. Padang-Pekanbaru 255 km
Ruas ini ditargetkan tersambung pada 2024, namun pembangunannya sudah diresmikan sejak Februari 2018 lalu oleh Presiden Joko Widodo. Proyeksinya ruas tol Padang-Pekanbaru akan memiliki lima seksi. Pertama, Padang-Sicincin (28 km), Seksi 2 Sicincin-Payakumbuh (78 km). Seksi 3 Payakumbuh-Pangkalan (45 km), seksi 4 Pangkalan-Bangkinang dengan panjang 56 kilometer, dan seksi 5 Bangkinang-Pekanbaru (37 km).(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait