(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName('script')[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6"; fjs.parentNode.insertBefore(jsfjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Pakaian Adat Lampung Juara Lomba Busana HUT ke-74 RI di Istana Negara
Nora Tristyana, istri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, terpilih sebagai Juara III lomba busana daerah di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). LAMPUNGPRO.COM
Nora Tristyana, istri Menteri Pertahanan...

Pakaian Adat Lampung Juara Lomba Busana HUT ke-74 RI di Istana Negara

JAKARTA (Lampungpro.com): Pakaian adat Lampung yang dikenakan Nora Tristyana, istri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, terpilih sebagai Juara III Lomba Pakaian Adat Terbaik dari Presiden Repubulik Indonesia, pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Atas kemenangan itu, Nora berhak mendapat hadiah sepeda Merah Putih, dari Presiden RI Joko Widodo.

Pengumuman pemenang itu disampaikan Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla. Selain Lampung, ikut terpilih busana daerah Nusa Tenggara Timur. Lomba busana daerah terbaik, merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT RI di Istana Negara yang ditradisikan Presiden Joko Widodo.

Pada peringatan HUT RI tahun ini, para peserta juga mengenakan busana adat berbagai daerah. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu beserta istri yang lebih dulu tiba mengenakan pakaian adat Lampung berwarna putih.

Detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI diperingati dengan diawali dentuman meriam 17 kali, di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019) pada pukul 09.55 WIB. Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara. Usai dentuman meriam, acara dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO), dan dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Dalam upacara ini Presiden Jokowi, putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka dan cucu Jan Ethes Srinarendra terlihat mengenakan pakaian adat Bali dengan berbagai warna dan corak. Baju adat Presiden Jokowi berasal dari Klungkung, berwarna hitam dengan brokat emas lengkap dengan kain dan hiasan kepala juga dengan motif emas. Sedangkan Ethes juga menyematkan hiasan kepala warna ungu namun mengenakan seperti beskap kuning mini yang menyesuaikan tubuh bocah berusia tiga tahun tersebut.

Ethes juga mengenakan sarung kuning dengan variasi kain ungu sebagai pelapis dan sepatu bintang-bintang emas. Sementara Gibran mengenakan kemeja putih dan ikat kepala cokelat dilengkapi kain tenun warna-warni dengan suansana lebih santai dibanding dengan Presiden Joko Widodo dan Jan Ethes. "Kita kan sudah lima tahun ini ganti-ganti, dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Jawa, Betawi kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis pernah semua," kata Presiden. (PRO1)


Komentar

Artikel Terkait