(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName('script')[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6"; fjs.parentNode.insertBefore(jsfjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Gempa Bumi Terjadi di Kemiling Bandar Lampung
Ilustrasi gempa bumi. | Ist
Ilustrasi gempa bumi. | Ist

Gempa Bumi Terjadi di Kemiling Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Gempa bumi tektonik dengan Magnitudo (M) 2,4 mengguncang Barat Laut Bandar Lampung, Rabu (24/7/2019) pukul 13.29 WIB. Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi - Lampung, Anton Sugiharto, menyebutkan gempa berada pada koordinat 5.38 Lintang Selatan dan 105.23 Bujur Timur.

Pusat gempa yaitu 7 km Barat Laut Bandar Lampung, Provinsi Lampung, dengan kedalaman 5 km. Gempa tidak berpotensi tsunami. Anton menjelaskan berdasarkan hasil analisis BMKG gempa bumi berkekuatan M 2, 4 itu ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan daerah Kemiling, Bandar Lampung dengan skala intensitas II MMI. “Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” jelas Anton.

Hingga pukul 14.15 WIB, lanjut Anton, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelasnya. (***/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait