Juara Nasional KRSBI 2019, Teknokrat Target Tinggi di Internasional ROBOCOP 2020
Robot milik Teknokrat yang mendapat gelar best design dan juara 3 KRSBI Humanoid 2019
Robot milik Teknokrat yang mendapat gela...

Juara Nasional KRSBI 2019, Teknokrat Target Tinggi di Internasional ROBOCOP 2020

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Tim Krakatau FC Teknokrat meraih Juara III Tingkat Nasional dan mendapatkan Penghargaan Best Design di kategori KRSBI-Humanoid dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 yang diselenggarakan Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada Minggu (23/6/2019).

KRI Nasional 2019 merupakan ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. Peserta yang mengikuti kompetisi ini merupakan tim terbaik dari kontes robot tingkat regional. Tim Krakatau FC dari Teknokrat mewakili Regional Pertama yang yang wilayahnya meliputi area Sumatera untuk bertanding bersama 64 Perguruan Tinggi lain dari seluruh Indonesia yang terbagi dalam 121 tim.

Didampingi Wakil Rektor III Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., kemenangan Krakatau FC diraih setelah melewati proses panjang pertandingan yaitu mengalahkan Tim Ichiro (ITS Surabaya) dengan score 2-0 serta dilanjutkan dengan kemenangan pada perebutan juara 3 melawan tim Al-Aadiyat (Universitas Negri Yogyakarta) dengan skore 5-0.

Mahathir Muhammad dalam keterangannya menyampaikan kebanggaan atas prestasi yang diraih Tim Robotik Teknokrat pada ajang KRI tahun ini. Beliau pun ungkapkan komitmen untuk selalu mendukung mahasiswa untuk terus berprestasi. “Saya bangga bahwa Universitas Teknokrat Indonesia seantiasa turut serta memajukan bidang Robotika Indonesia serta mampu menorehkan prestasi pada ajang nasional. Universitas akan senantiasa mendukung mahasiswa meraih prestasi terbaik.” Ungkapnya.

Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2019 tahun ini yaitu Universitas Dian Nuswantoro dan dilaksanakan selama tanggal 21-23 Juni 2019 bertempat di Graha Padma kota semarang. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid sendiri mengacu pada divisi KidSize RoboCup Soccer Humanoid League. Tema KRSBI 2019 adalah “Liga Sepakbola Robot Humanoid menuju tahun 2050”

Dalam kategori KRSBI-Humanoid dari tahun 2011 sampai 2019, Teknokrat merupakan satu-satunya PTS yang mampu meraih juara diperingkat 3 besar tingkat nasional. Selain itu pula pada tahun 2019 ini Teknokrat menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang meraih Juara Tingkat Nasional, mewakili Provinsi lampung.

Pembina Tim Robotik Teknokrat Maulana Aziz Assuja S.ST.,MT bersyukur atas pencapaian yang diraih timnya yaitu metaih prringkat 3 nasional pada tahun ini. Tim Krakatau FC berkomitmen untuk terus berupaya meraih prestasi yang lebih baik pada kompetisi selanjutnya. "Persiapan Teknokrat dalam kompetisi ini dilakukan dengan proses yang panjang yaitu dengan senantiasa mengevaluasi robot kami, mempelajari keunggulan robot lain, dan melakukan adaptasi serta pengembangan." ungkapnya.

Beliau sampaikan bahwa raihan 3 besar pada tahun ini akan mengantarkan Tim Robot Teknokrat lebih dekat dengan ajang internasional ROBOCUP 2020. Sebab 4 tim terbaik nasional KRSBI tidak perlu mengikuti lomba tingkat regional dan langsung melaju ke liga utama di ajang nasional.

Tim Robotik Teknokrat berlaga dibawah bimbingan Penuh Maulana Aziz Assuja dan Assisten pembimbing Achmad Fauzi (Informatika), Andika Agashi (Informatika), dan Rendy Apriyanto (Informatika). Tim mahasiswa terdiri dari Muhammad Reynaldo (Informatika), Irvan Maulana (Teknik Komputer), Seftoni Indra Jaya (Informatika), Agung Pangestu (Teknik Komputer).

Selain tim inti mahasiswa, Nova Ranti (Sistem Informasi), Septina Nainggolan(Teknik Komputer), Yudi Romiyansa (Sistem Informasi), Gustian Cahyadi (Informatika), dan Mige Jisnu F (Informatika) berperan sebagai mekanik dalam Tim Robot ini.(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait