Gempa 7 SR dan Peringatan Tsunami, BPBD Manado: Pantai Aman dan Bisa Kembali
Ilustrasi gempa bumi. | Ist
Ilustrasi gempa bumi. | Ist

Gempa 7 SR dan Peringatan Tsunami, BPBD Manado: Pantai Aman dan Bisa Kembali

MANADO (Lampungpro.com): Warga Manado, Sulawesi Utara sempat panik akibat gempa dengan magnitudo 7. Kini situasi di wilayah itu sudah kondusif dan warga sudah kembali ke rumah masing-masing. "Pinggir pantai sudah aman, masyarakat sudah pada pulang. Memang tadi ada yang di ketinggian tapi sudah kembali," kata Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Manado, Jenny Bangonang, Senin (8/7/2019).

Jenny mengaku sudah menyisir sejumlah lokasi di Manado termasuk pinggir pantai dan pusat keramaian. Kondisi di RS Siloam Manado yang sempat diwarnai kepanikan juga sudah kondusif. "Di RS Siloam cuma pecahan yang lalu juga, tapi aktivitas mereka tidak terganggu. (Pasien) juga tidak dibawa keluar," ucapnya.

Sebelumnya BMKG telah mencabut peringatan tsunami akibat gempa M 7,0 yang berpusat di barat daya Ternate, Maluku Utara. Peringatan dini tsunami dinyatakan berakhir sekitar pukul 00.09 WIB. "#Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:7.0, tanggal: 07-Jul-19 22:08:42 WIB, dinyatakan telah berakhir#BMKG," tulis akun resmi BMKG, Senin (8/7/2019) dini hari.(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait