Masuk Kemarau, BPBD Bandar Lampung Siagakan Air Bersih Untuk Daerah Kekeringan
Masyarakat yang mendapat bantuan air bersih. | Ist/Lampungpro.com
Masyarakat yang mendapat bantuan air ber...

Masuk Kemarau, BPBD Bandar Lampung Siagakan Air Bersih Untuk Daerah Kekeringan

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badar Lampung telah menyediakan air bersih yang dapat digunakan masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekeringan memasuki musim kemarau panjang "Kita siap 24 jam untuk membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih bila mengalami kekeringan di daerahnya, tapi dengan catatan harus melalui rekomendasi RT setempat," kata Sekertaris BPBD Kota Bandar Lampung, M. Rizki.

Menurut Rizki berdasarkan pemantauan BMKG, Bandar Lampung akan terkena musim kemarau kurang lebih tiga bulan lamanya. Sehingga dari sekarang BPBD telah menyiapkan segala sesuatunya baik dari armada maupun sumber-sumber air yang dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan warga yang terkena kekeringan. "Armada yang telah disiapkan oleh BPBD berjumlah tujuh unit mobil tangki bermuatan 5000 liter dan 20 sumber mata air milik pemerintah kota Bandar Lampung yang tersebebar di beberapa titik," ujar dia.

Ia mengungkapkan, bahwa saat ini sudah ada tiga wilayah di Bandar Lampung yang dilanda kekeringan, yaitu dua daerah di Kecamatan Sukabumi dan satu daerah di Kecamatan kedamaian. Pihaknya pun berani menjamin air yang di pergunakan untuk membantu masyarakat adalah air yang layak dan dapat di pakai untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. "Kami memiliki 20 sumber mata air dengan kedalaman yang cukup bagus. Sehingga air tersebut lebih jernih dan dapat dipakai dalam keseharian mereka tapi bila untuk di konsumsi saya sarankan untuk dimasak atau direbus terlebih dahulu," ungkapnya.

Rizki menjelaskan, BPBD Bandar lampung siap melayani masyarakat di kota Tapis Berseri ini dimanapun terkait masalah air bersih. Tidak hanya saat musim kemarau, tapi kapanpun karena ini adalah salah satu program dari Wali Kota Bandar Lampung yang menginginkan setiap warganya mendapatkan pelayanan air bersih ini. "Namun perlu diingat semua atas rekomendasi RT karena merekalah yang tau lingkungan sekitarnya," jelas dia.(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait