PKB Bidik Kursi Menteri Pendidikan di Kabinet Jokowi Jilid II, ini Alasannya
Ketua Umum PKB Cak Imin. | Ist
Ketua Umum PKB Cak Imin. | Ist

PKB Bidik Kursi Menteri Pendidikan di Kabinet Jokowi Jilid II, ini Alasannya

JAKARTA (Lampungpro.com): Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengisyaratkan ingin mendapatkan pos Kementerian Pendidikan untuk diisi kadernya di kabinet kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dari sepuluh porsi yang diincar, PKB ingin berkontribusi di bidang pendidikan. "Mungkin di bidang yang menyangkut basis masyarakat banyak, (kemudian) pendidikan," kata, Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan, Sabtu (6/7/2019).

Daniel mengungkapkan, PKB akan sangat bersyukur jika diberi kepercayaan menempati pos kementerian ini. Dia beralasan PKB ingin memajukan pendidikan pesantren agar tak kalah dengan sekolah unggulan yang lain. Menurutnya, aspirasi soal pemajuan pendidikan ini juga disampaikan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar kepada Presiden Jokowi dalam pertemuan di Istana Negara pada Selasa, 2 Juli lalu.

Di akun Twitternya, Muhaimin pun mengakui menyampaikan aspirasi agar subsidi untuk lembaga pendidikan yang sudah berkualitas dialihkan untuk penguatan lembaga pendidikan lain yang masih memerlukan. "Kemarin ke Istana bawa misi ini. Saatnya yang kuat membantu yang lemah dalam meningkatkan mutu pendidikan," tulis Muhaimin di akun Twitter @cakimiNow, Rabu, 3 Juli 2019.

Daniel juga berpendapat jabatan Menteri Pendidikan tak harus diisi oleh perwakilan Muhammadiyah. Menurut dia, hal tersebut pun tak diatur dalam Undang-undang. Daniel berujar yang terpenting adalah soal kompetensi dari figur yang akan menempati jabatan tersebut.

"Karena siapa pun nanti menterinya itu dia memikirkan seluruhnya kok, termasuk pendidikan, termasuk masyarakat Muhammadiyah," kata Daniel. "Seharusnya ukurannya adalah figur yang memang tepat untuk jabatan tersebut, terlepas dari latar belakangnya," jelas dia.

Selain soal pendidikan, lanjut Daniel, PKB juga ingin lebih banyak bergerak di bidang ekonomi kerakyatan. Daniel juga melempar sinyal berharap partainya mendapatkan jatah Menteri Pertanian.(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait