Ribuan Perantau Sudah Kembali ke Jakarta Lewat Tanjung Priok, Termasuk dari Lampung
Antrian pemudik bersepeda motor saat akan masuk kapal roro di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan. LAMPUNGPRO.COM
Antrian pemudik bersepeda motor saat aka...

Ribuan Perantau Sudah Kembali ke Jakarta Lewat Tanjung Priok, Termasuk dari Lampung

JAKARTA (Lampungpro.com): Sebanyak 5.104 penumpang kapal dari berbagai daerah Indonesia sudah kembali ke Jakarta sejak Minggu (9/6/2019) kemarin melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Mengutip data kapal dan penumpang di Pos Kementerian Perhubungan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (11/6/2019) kemarin, para penumpang tersebut berasal dari enam kapal yang datang dari pelabuhan asal Lampung dan Semarang pada hari Minggu dan Selasa.

Penumpang paling banyak tiba pada hari Selasa dari Semarang menggunakan Kapal Dobonsolo yang mengangkut 2.067 penumpang. Selain itu, kedatangan pada hari Minggu juga dari destinasi dan kapal yang sama sebanyak 1.542 penumpang. Sebelumnya, Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Wim Hutajulo Kasielala menyebutkan keenam kapal tersebut merupakan kapal program Mudik Gratis 2019 dari Kementerian Perhubungan.

Petugas jaga di pos Kementerian Perhubungan dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Edward Nainggolan mengatakan bahwa kapal mudik gratis masih akan menjemput satu kali lagi dari Semarang ke Tanjung Priok Jakarta menggunakan KM Dobonsolo. Setelah itu, tinggal kapal pemberangkatan dan tiba reguler yang berlayar dan bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Edward, tidak ada kendala cuaca apa pun yang berarti sejak pemberangkatan arus mudik maupun arus balik dari Pelabuhan Tanjung Priok sehingga perjalanan kapal berjalan lancar. "Dari Syahbandar Tanjung Priok sampai saat ini belum ada perintah penundaan pelayaran," terang dia.(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait