(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName('script')[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6"; fjs.parentNode.insertBefore(jsfjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Banyak Makan Berlemak Saat Lebaran Bikin 'Begah', Yuk Atasi dengan 5 Buah ini
Alpukat bisa hindari rasa begah saat kebanyakan makan berlemak | Lampungpro.com
Alpukat bisa hindari rasa begah saat keb...

Banyak Makan Berlemak Saat Lebaran Bikin 'Begah', Yuk Atasi dengan 5 Buah ini

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Saat merayakan lebaran dengan berkunjung ke rumah-rumah saudara, perut kerap terasa begah karena terlalu banyak makan atau minum. Sensasi begah juga dapat muncul ketika terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Sensasi begah tersebut sebetulnya berasal dari gas yang terbentuk saat makanan mulai dicerna di dalam perut. Pelepasan gas ini membuat perut jadi terasa penuh dan sesak. Untuk mengatasinya, konsumsi lima buah berikut:

1. Pisang
Pisang merupakan buah-buahan yang kaya akan kandungan kalium, dan potasium. Kandungan inilah yang membantu tubuh membuang sodium yang tidak dibutuhkan sekaligus menjaga keseimbangan cairan. Selain itu, seratnya juga mampu mempercepat proses pencernaan sehingga efek perut begah dapat teratasi dengan segera.

2. Timun
Timun memiliki kandungan zat antioksidan quercetin yang sangat kaya. Perut begah dan terkesan membuncit akan berangsur-angsur menjadi lega dan mengempis karena kandungan antioksidan ini. Selain itu, timun juga dapat memberikan efek dingin dan nyaman di dalam perut setelah bergejolak akibat begah.

3. Pepaya
Buah pepaya dikenal sejak lama sebagai sahabat pencernaan. Buah ini identik dengan memperlancar pencernaan karena memiliki enzim papain yang mampu mencerna atau mengurai protein dalan saluran cerna dengan cepat. Sehingga makanan yang ada akan lebih cepat terurai. Buah ini juga mampu mencegah inflamasi atau peradangan yang dapat memberikan efek nyaman pada perut.

4. Alpukat
Makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik menyebabkan penumpukan dalam waktu cukup lama sehingga menyebabkan perut terasa penuh dan eneg, contohnya makanan yang berlemak dan berkabohidrat tinggi. Alpukat yang dikenal memiliki enzim lipase tinggi mampu membantu tubuh memecah lemak dan kandungan potasiumnya akan menjaga keseimbangan cairan dengan mengeluarkan cairan-cairan yang tidak diperlukan.

5. Melon dan semangka
Buah-buahan seperti melon dan semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak. Dalam batas maksimal, buah melon memiliki kandungan air sebesar 90 persen juga serat yang baik untuk tubuh. Kandungan inilah yang mampu menetralisir kelebihan air dan sodium pada tubuh sehingga perut kembali terasa nyaman.(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait