Bermodalkan JKN-KIS, Eka Lisa Yuliana Terbantu Persalinannya

Bermodalkan JKN-KIS, Eka Lisa Yuliana Terbantu Persalinannya

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berkomitmen kuat untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta sesuai dengan haknya.

Program JKN-KIS tersebut telah banyak dirasakan manfaatnya oleh para pesertanya mulai dari anak-anak hingga orang tua semuanya merasakan manfaatnya. Eka Lisa Yuliana (28), salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) tak mau ketinggalan ikut menceritakan pengalamannya menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam proses persalinan pertamanya di bidan.

"Januari 2018 lalu, saya hamil anak pertama. Saat itu saya bersalin di Bidan Sulistyani yang ada didekat rumah. Alhamdulillah persalinan berjalan dengan lancar. Awalnya pagi hari itu sudah terasa hingga akhirnya saya berniat ke Puskes Kedaton untuk lahiran disana. Namun karena ternyata di dekat rumah ada bidan praktek, maka saya di tangani oleh bidan," cerita Eka Lisa Yuliana saat ditemui Lampungpro.com di rumahnya yang berada di Jalan Urip Sumoharjo Bandar Lampung, Kamis (23/5/2019).

Eka merasakan kontak sakit ketika selepas magrib hingga akhirnya setelah enam jam lamanya, sang buah hati pertamanya yang berjenis kelamin perempuan lahir dengan normal.

"Sekitar jam 12 malam itu anak saya lahir dengan normal dan selamat. Saat melahirkan dan setelahnya disana langsung ditangani dan dilayani dengan baik. Saya pikir pelayanan di bidan dengan menggunakan JKN-KIS akan lama, namun ternyata pelayanannya sungguh sangat prima. Sama halnya dengan pelayanan yang ada di rumah sakit mulai dari asisten bidannya yang ramah hingga obat-obatan yang baik," lanjut dia.

Eka merasa sangat bersyukur, dengan menggunakan JKN-KIS biaya persalinan untuk melahirkan anak pertamanya tanpa mengeluarkan banyak biaya. Cuma keluar biaya beli popok dan perlengkapan bayi lainny. Apabila dibandingkan dengan menggunakan pelayanan biasa tanpa menggunakan JKN-KIS, harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

"Alhamdulillah saya punya kartu ini, manfaatnya luar biasa sehingga mengurangi beban suami. Dengan menggunakan JKN-KIS semuanya terjamin, saya hanya mengeluarkan biaya sedikit untuk biaya yang tidak tercover seperti kebutuhan bayi dsb. Dua hari dirawat semuanya gratis, terimakasih BPJS Kesehatan," kata Eka. (FEBRI/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait