Jangan Lupa Isi E-Toll, Besok Tol Lampung  Bayar, ke Palembang Masih Gratis
Pintu tol Kalianda yang telah memasang pengumuman tarif Tol Lampung | Lampungpro.com
Pintu tol Kalianda yang telah memasang p...

Jangan Lupa Isi E-Toll, Besok Tol Lampung Bayar, ke Palembang Masih Gratis

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar atau Tol Lampung, besok Jumat (17/5/2019) akan mulai resmi berbayar. Kepastian terkait berbayarnya tol terpanjang di Indonesia ini sudah diberitahukan sejak sepekan lalu. Untuk tarif pun sosialisasi telah dilakukan. Bahkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menginformasikan melalui akun resminya.

"SahabatPUPR masih ingat nggak Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang beroperasi sejak 8 Maret 2019 setelah diresmikan Presiden @jokowi? Sampai sekarang belum dikenakan tarif sebagai bagian sosialisasi. Tapi tanggal 17 Mei 2019 akan diberlakukan tarif," dikutip dari akun twitter resmi Kementerian PUPR @KemenPU.

Sebelumnya, Kepala Cabang PT Hutama Karya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Hanung Hanindito mengatakan, seluruh gerbang tol hanya menerima pembayaran secara nontunai. "Kepada seluruh pengguna jalan yang ingin melintasi jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar agar dapat mengisi saldo uang elektronik sesuai tujuannya agar tidak mengalami kendala pada gerbang tol kami," kata Hanung, Sabtu (11/5/2019) lalu.

Hanung menjelaskan uang elektronik yang bisa digunakan untuk bisa melewati tol adalah yang dikeluarkan Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan BCA. Pengisiannya bisa dilakukan di ATM, toko retail Indomaret, dan Alfamart.

Sementara, menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, tol fungsional ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang (Lampung) dan Pematang Panggang-Kayuagung (Sumatera Selatan) pada arus mudik Lebaran 2019 ini masih gratis. Ruas tol ini masih fungsional sehingga belum beroperasi penuh.

Jalur ini akan dibuka secara fungsional pada 29 Mei hingga 10 Juni 2019. "Jadi tidak berbayar, untuk memberikan kenyamanan lebih dan kebahagiaan bagi masyarakat Lampung dan Sumatera Selatan merayakan Hari Raya Idulfitri," kata Danang Parikesit menjawab konfirmasi Lampungpro.com, Minggu (12/5/2019) lalu.

Pemudik dari Lampung menuju Palembang dapat memangkas jarak hingga 48 kilometer jika lewat tol. Menurut Pimpinan Proyek Tol Pematang Panggang-Kayuagung, Fahrudin Haryanto, secara fisik ruas tol Pematang Panggang-Kayuagung dapat dilewati pemudik. "Secara fisik tol dapat dilalui pada Lebaran ini. Tetapi belum diputuskan, karena masih menunggu hasil rapat di pusat," kata Fahrudin.

Sebelumnya juga, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melakukan pembatasan operasional pada angkutan barang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung. Untuk arus mudik, khusus untuk mengatur kendaraan yang mengangkut barang ekspor-impor tidak terkena larangan melintas pada 31 Mei- 2 Juni atau tiga hari mendatang, namun dikenakan ketentuan untuk memasang stiker.

Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar diatur dalam Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 305/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Kementerian PUPR telah menetapkan tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,94 km tersebut pada 5 April 2019.(PRO2)

Berikut daftar tarif Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar :

Pelabuhan Bakauheni – Bakauheni Utara Rp7.000
Bakauheni – Kalianda (Rp22.000)
Bakauheni – Sidomulyo (Rp31.000)
Bakauheni – Lematang (Rp59.500)
Bakauheni – Kotabaru (Rp63.000)
Bakauheni – Natar (Rp87.000)
Bakauheni – Teginengneng Timur (Rp87.000)
Bakauheni – Tegineneng Barat (Rp87.000)
Bakauheni – Gunung Sugih (Rp104.500)
Bakauheni – Terbanggi Besar (Rp112.500)


Komentar

Artikel Terkait