Hari ke-9 Ramadan, Yuk Buka Puasa dengan Soto Khas Nusantara
Soto Madura. | Ist
Soto Madura. | Ist

Hari ke-9 Ramadan, Yuk Buka Puasa dengan Soto Khas Nusantara

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Setelah berpuasa seharian penuh, hidangan hangat seperti soto memang menggugah selera. Selain soto ayam, soto Aceh dan Padang juga tak kalah enak untuk berbuka.

Memasuki hari puasa yang kesembilan, hidangan soto hangat bisa jadi pilihan menu untuk berbuka puasa. Kalau ingin mencoba membuat soto khas nusantara di rumah, bisa coba buat soto Padang, Soto Aceh, Soto Madura, Soto Kudus, hingga soto Betawi.

Berikut kumpulan resep soto Nusantara yang bisa dijadikan rujukan:

1. Soto Kudus

Berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Soto yang satu ini hampir mirip dengan soto Lamongan. Isiannya ada irisan daging ayam dan tauge, kuahnya hangat dan rasanya enak karena menggunakan rempah seperti lengkuas hingga serai. Jangan lupa tambahkan perkedel kentang atau telur pindang.

2. Soto Padang

Padang punya racikan soto yang khas dan tak kalah enak dari kuliner khas Minang lainnya. Ciri khas dari semangkuk soto Padang, terletak pada potongan daging sapi yang empuk, dipadukan dengan perkedel kentang gurih, dan tentunya katupe yang legit. Cara membuatnya juga tidak sulit, cukup siapkan bahan-bahan seperti daging sapi has luar hingga kapulaga.

3. Soto Madura

Jika soto Padang dimakan dengan katupe, kalau soto Madura biasanya disajikan dengan potongan lontong atau nasi putih hangat. Ciri khas dari soto ini terletak pada rasa gurih, dan kuah kaldu yang meresap dari daging sapi sandung lamur. Untuk rempah yang digunakan ada serai hingga jahe. Soto ini juga enak lho dipadukan dengan perkedel singkong.

4. Soto Betawi

Bisa dibilang soto Betawi merupakan salah satu soto yang sangat populer di Indonesia. Berasal dari Jakarta, hidangan yang satu ini berkuah santan yang dicampur dengan susu, sehingga rasa kuahnya jauh lebih gurih dan menggugah selera. Selain itu soto ini juga dilengkapi potongan daging sapi, yang disandingkan dengan rempah seperti kapulaga, kayumanis, hingga serai.

5. Soto Aceh

Terletak di ujung utara pulau Sumatra, Aceh punya racikan soto yang enak. Mirip seperti soto Betawi, soto Aceh juga menggunakan kuah santan yang dicampur dengan racikan rempah seperti serai, salam, ketumbar, hingga jahe. Tentunya soto ini juga dilengkapi potongan daging sapi yang empuk. (***/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait