(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName('script')[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6"; fjs.parentNode.insertBefore(jsfjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Istana Negara: Tol Lampung Bakauheni-Terbanggi Besar Siap Layani Pemudik
Rest area di jalur Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Senin (13/5/2019). LAMPUNGPRO.COM
Rest area di jalur Bakauheni-Terbanggi B...

Istana Negara: Tol Lampung Bakauheni-Terbanggi Besar Siap Layani Pemudik

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Kantor Staf Presiden (KSP) Istana Negara menyatakan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Provinsi Lampung, yang menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia, siap melayani pemudik Lebaran 1440 Hijriah. Kesiapan itu dipastikan setelah Tim KSP bersama PT Hutama Karya dan PT Waskita Karya menyusuri JTTS dari Gerbang Tol Natar menuju Pelabuhan Bakauheni hingga ke Palembang, pada Senin dan Selasa (13-14/5/2019).

"Kami memonitor dan memantau persiapan supaya dapat berjalan sebaik-baiknya. Termasuk di dalamnya kami mewaspadai potensi macet di Trans Sumatera yang perlu diantisipasi,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, saat meninjau tempat istirahat dan pelayanan (rest area) di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Senin (13/5/2019).

Jalur Bakauheni-Terbanggi Besar membentang sepanjang 140,7 kilometer dari Lampung Selatan hingga Lampung Tengah sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia. Sebelumnya, rekor ruas tol terpanjang yang pernah diresmikan Presiden Jokowi yakni Tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116 kilometer.

BACA JUGA: Catat, Mulai 17 Mei Masuk Tol Lampung Bakauheni-Terbanggi Besar Bayar

Setelag berperasi lebih dari dua bulan tanpa tarif sejak diresmikan Presiden Jokowi pada 8 Maret 2019, mulai Jumat (17/5/2019) pukul 00.00 WIB, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar bakal dikenakan bayaran. Nantinya untuk jarak terjauh dari Pelabuhan Bakauheni hingga Terbanggi Besar dikenakan tarif Rp112.500 untuk kendaraan golongan I. Kemudian Rp168.500 untuk golongan II dan golongan III, dan Rp224.500 untuk golongan IV dan golongan V.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan pada mudik Lebaran 2019, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar siap operasional. Ruas Terbanggi Besar tersambung hingga ke Palembang dibuka fungsional mulai 29 Mei hingga 10 Juni 2019 selama 12 jam mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

BACA SEBELUMNYA: Aturan Plat Ganjil Genap Mudik Lebaran via Merak-Bakauheni, ini Jadwalnya

Pada kesempatan itu, Moeldoko mengatakan rute Bakauheni-Terbanggi menjadi perhatian utama, karena pada Lebaran 2019 kali pertama Jalan Tol Trans Sumatera terhubung dari Lampung hingga Sumatera Selatan, melalui ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Palembang. "Jarak dari Lampung menuju Palembang yang dulu ditempuh antara 10 hingga 12 jam melalui Jalan Raya Lintas Timur Sumatera kini terpangkas menjadi 5 sampai 6 jam melalui jalur tol," kata Moeldoko. (PRO1)


Komentar

Artikel Terkait