Mudik Malam via Merak-Bakauheni Berlaku Ganjil-Genap, Motor Dermaga Khusus
Suasana Dermaga Eksekutif Anjungan Agung di Pelabuhan Bakauheni Lampung | Lampungpro.com
Suasana Dermaga Eksekutif Anjungan Agung...

Mudik Malam via Merak-Bakauheni Berlaku Ganjil-Genap, Motor Dermaga Khusus

JAKARTA (Lampungpro.com) : Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatur operasional ganjil-genap mudik Lebaran Idulfitri 2019 dengan jalur penyeberangan kapal di Pelabuhan Merak-Bakauheni. Pola prilaku mudik masyarakat yang menggunakan kapal penyeberangan sering pada dini hari.

"Biasanya cenderung lebih sering menyeberang mulai dari pukul 00.00 sampai 06.00 WIB dengan perkiraan tiba di Lampung menjelang siang, dengan pertimbangan faktor keselamatan," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Budi menegaskan, pada 30 Mei sampai 2 Juni 2019 diatur ganjil-genap yang ingin menyeberang pada pukul 20.00 sampai 08.00 WIB. Sementara siangnya, kata Budi bebas dari sistem ganjil-genap.

Selain itu, menurutnya, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah operasional dibuka pada musim mudik tahun ini. Hanya saja, Tol Terbanggi Besar-Kayuagung masih fungsional dan hanya dapat dilalui dari pukul 06.00 sampai 18.00 hanya satu lajur.

Dengan adanya perubahan infrastruktur dari Bakauheni ke Kayuagung, Budi menilai akan meningkatkan minat masyarakat yang akan ke Sumatera. Dia memgungkapkan, Kemenhub juga memiliki rencana, motor akan dipisahkan dengan menggunakan satu dermaga khusus.

"Jadi tidak bercampur dengan yang lain, ini untuk mencegah antrian sekitar tujuh sampai delapan kilometer hingga ke arah tol. Sehingga nanti habis antrean bisa sampai sore, sehingga kita lakukan pencegahan dengan cara ini," ungkap Budi.(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait