Artikel Pilihan Editor

Kerjasama BPJS Kesehatan dan Kejati Lampung Bentuk Sinergitas Bidang Kesehatan
Kepala Kejati Lampung Sutono. | Ist
Kepala Kejati Lampung Sutono. | Ist

Kerjasama BPJS Kesehatan dan Kejati Lampung Bentuk Sinergitas Bidang Kesehatan

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Satono mengatakan kejaksaan telah melakukan singergisasi bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk mengelola kesehatan dengan bekerjasama yang kesekian kalinya sebagai pengacara negara yang akan melaksanakan penegakan hukum terkait pelaksanaan program JKN KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

BACA JUGA: Tingkatkan Sinergi Pengawasan Kesehatan, BPJS Jalin Kerjasama dengan Kejaksaan

"Kesepakatan ini dapat dimaknai apabila segera dilakukan tindak lanjut dengan pemberian surat kuasa khusus dari pemberi kuasa agar kami dapat memanfaatkan kewenangan yang kami miliki dibidang perdata dan tata usaha negara," kata Satono kepada Lampungpro.com usai menandatangani kerjasama dengan BPJS Kesehatan di Hotel Novotel, Selasa (16/4/2019).

Kejaksaan mengakui kerjasama dengan BPJS Kesehatan ini merupakan kerjasama yang kedua kali setelah sebelumnya bekerjasama untuk mendorong perusahaan menjadi anggota BPJS Kesehatan terhadap para pekerjanya.

Selain itu, pihak kejaksaan juga akan memberikan pendampingan kepada peserta BPJS Kesehatan jika dalam melakukan iuran ada yang macet. "Disini ada kewajiban peserta yang harus dipenuhi dalam pembayaran tiap bulannya dan nanti kita akan bantu teliti bersama perdata dan tata usaha negara (Datun) misal dalam kondisi perusahaannya sepert apa atau kondisi lainnya hingga kewajiban itu belum disampaikan," ucap dia.

Sementara itu ditanya terkait pemalsuan data pembayaran BPJS, kejaksaan mengaku belum menemukan hal yang seperti itu. "Kalau sampai kepemalsuan kita belum temukan tapi kalau menunggak itu banyak dan itu nanti kami yang turun tangan mengurusnya," ucap Satono. (FEBRI/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait