Artikel Pilihan Editor

Jelang Mudik Lebaran, Garuda Indonesia Optimis Penumpang Meningkat
Pesawat berjenis Boeing 737 Max 8 milik Garuda Indonesia | Ist/Lampungpro.com
Pesawat berjenis Boeing 737 Max 8 milik ...

Jelang Mudik Lebaran, Garuda Indonesia Optimis Penumpang Meningkat

JAKARTA (Lampungpro.com): Menjelang lebaran Idul Fitri 2019, momen ini gak lepas dari tradisi mudik atau pulang kampung. Untuk penjualan tiket Lebaran kali ini, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menargetkan penumpang meningkat hingga 15 persen dibanding hari biasa.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengaku optimistis dapat mencapai target kenaikan ini meski harga tiket pesawat sedang naik. Menurutnya, Garuda Indonesia sudah memiliki pangsa pasar sendiri.

Hal ini membuat pihaknya tak perlu bersaing dengan maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC). "Prediksi naik 15 persen. Kita sepanjang tahun 2018 dalam sehari-hari penerbangan tumbuh sekitar 6 persen. Enggak berkurang justru," kata Ikhsan dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/4/2019).

Meski demikian, Ikhsan menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang ini tak berbanding lurus dengan peningkatan keuntungan yang akan diperoleh. Pasalnya, penerbangan kembali dari satu rute biasanya akan kosong.

"Yang penuh itu biasanya hanya satu leg, kembalinya kosong. Misal dari Jakarta ke Palembang itu penuh tapi kembalinya kosong. Operasional pesawatnya kan sama saja itu untungnya dengan hari biasa, jadi kalau pun penumpang meningkat, untungnya biasa saja," jelas dia.

Garuda Indonesia mengaku sejauh ini belum mulai menggenjot penjualan tiket pesawat untuk mudik Lebaran. "Belum, kita belum jual. Kita sedang susun rancangan penjualan tiket untuk Lebaran nanti, mungkin minggu depan sudah dirilis," terang dia.(**/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait