Artikel Pilihan Editor

Sistem Peringatan Dini Tsunami Sekitar Gunung Anak Krakatau Dipasang Tiga Titik
Bentuk Gunung Anak Krakatau usai erupsi. | BNPB/Lampungpro.com
Bentuk Gunung Anak Krakatau usai erupsi....

Sistem Peringatan Dini Tsunami Sekitar Gunung Anak Krakatau Dipasang Tiga Titik

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)siap terapkan Tsunami Early Warning System atau Sistem Peringatan Dini Tsunami yang terorganisir, handal dan modern. BPPT telah memasang Buoy Merah Putih di kawasan Gunung Anak Krakatau, Rabu (10/4/2019).

Pemasangan Buoy dengan menggunakan Kapal Riset Baruna Jaya IV milik BPPT akan memakan waktu sekitar 2-3 hari layar. Lebih lanjut diuraikan bahwa Tahun 2019 ini BPPT akan meluncurkan 3 Buoy untuk kawasan GAK dan pesisir Barat Bengkulu serta selatan Jawa Barat.

"Buoy Merah Putih atau buoy generasi ketiga ini kami harap tahan vandalisme. Akan kami pasang di sekitar kawasan Gunung Anak Krakatau dan Selat Sunda," ujar Kepala BPPT Hammam Riza, Sabtu (13/4/2019). "CBT atau kabel bawah laut ini penting untuk mendeteksi tsunami yang sifatnya dekat, atau near field tsunami," jelasnya.

BACA JUGA: Sekitar Gunung Anak Krakatau Dipasang Sistem Peringatan Dini Tsunami

Dalam hal koordinasi dan pengamanan peralatan teknologi yang akan dipasang itu, Hammam mengaku akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, mulai dari BNPB, TNI dan Polri. "3 Buoy dan kabel bawah laut atau CBT ini akan kami koordinasikan baik pemasangan dan pengamanannya dengan BNPB," jelasnya.

Jika Buoy sudah terpasang nanti, masyarakat dihimbau untuk menjaganya bersama-sama serta tidak melakukan vandalisme. "Kepada masyarakat, kami mengajak untuk menjaga bersama Buoy Merah Putih jika sudah terpasang nanti, demi keselamatan kita semua," tandasnya. (***/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait