Artikel Pilihan Editor

Musrenbang, 2020 Pemkab Mesuji Perkuat Infrastruktur dan Kurangi Kemiskinan
Plt Sekda Mesuji Adi Sukamto saat memberika sambutan di Musrembang | Ist/Lampungpro.com
Plt Sekda Mesuji Adi Sukamto saat member...

Musrenbang, 2020 Pemkab Mesuji Perkuat Infrastruktur dan Kurangi Kemiskinan

MESUJI (Lampungpro.com): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) : Mesuji melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan(Musrenbang) rencana kerja Pemerintah Daerah(RKPD) Kabupaten Mesuji tahun 2020 di GSG Taman Kehati, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tanjungraya.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari tahapan proses musyawarah perencanaan pembangunan daerah, setelah sebelumnya telah dilakukan Musrenbang pada tingkat Desa dan Kecamatan, yang diatur melalui Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Staf Ahli Gubernur Theresia Sormin saat menerima hasil Musrembang dari Plt Sekda Mesuji, Adi Sukamto | Ist/Lampungpro.com

Kemudian, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

"Sebagai bahan pembahasan dan penyepakatan prioritas rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan tahun anggaran berikutnya, dimana Musrenbang merupakan suatu instrumen penting untuk merumuskan Penyusunan RKPD Kabupaten Mesuji Tahun 2020 serta sinergisitas dengan RKPD Provinsi dan RKP Nasional. RKPD mempunyai arti yang sangat penting karena sebagai pedoman penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Kabupaten Mesuji Tahun 2020," ujar Adi Sukamto Plt Sekda Kabupaten Mesuji, Kamis (14/3/2019).

Staf Ahli Gubernur Theresia Sormin bersama Plt Sekda Mesuji Adi Sukamto menyaksikan tandatangan pada Musrembang Mesuji |Ist/Lampungpro.com

Tema Pembangunan Tahun 2020, yakni “Memperkuat Kualitas Pembangunan Infrastruktur dan Pengurangan Kemiskinan untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat”, dengan tujuan menyediakan infrastruktur wilayah untuk membuka dan mendukung aktivitas ekonomi, sosial dan budaya secara berkelanjutan, dengan sasaran Tersedianya infrastruktur jalan dan jembatan yang memadai untuk mendukung lalu lintas orang, barang dan jasa.

"Dari kebijakan tersebut akan diimplementasikan pada usulan program dan kegiatan yang tertuang pada dokumen perencanaan sesuai bidang kewenangan dari masing-masing OPD dari berbagai sumber dana APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten," kata dia.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Mesuji senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan yang pro rakyat. Hal ini dibuktikan melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan pada Tahun 2018 dan terus dilaksanakan pada Tahun 2019, serta dilanjutkan pada tahun 2020, seperti Swakelola dengan Cor Beton Rendah( Lean Concreate Beton), Baperlahu, Rumah kita, Rumah stimulan/swadaya, Rumah Desa, Rastrada, dan lainnya.

"Serta program-program lainnya yang menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Mesuji dalam rangka percepatan pembangunan Mesuji untuk kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Mesuji. Untuk itu, saya berharap, kegiatan Musrenbang ini mampu menjaring aspirasi masyarakat, sekaligus memadukan program antarsektor dan arah kebijakan pemerintah, yang semuanya bermuara kepada penyempurnaan perencanaan pembangunan," harapnya. (ROSARIO/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait