Artikel Pilihan Editor

Bisakah Diet Keto Cepat Turunkan Berat Badan?
Ilustrasi diet keto. | Ist
Ilustrasi diet keto. | Ist

Bisakah Diet Keto Cepat Turunkan Berat Badan?

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Diet Keto merupakan salah satu jenis diet yang sedang ngetren beberapa waktu ini. Diet Keto dinilai ampuh menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Banyak artis Hollywood yang menjalankan diet ketogenik atau biasa disingkat diet keto. Kim Kardashian dan Gwyneth Paltrow adalah dua di antaranya yang mengaku berhasil menurunkan berat badan dengan menjalankan diet ini.

Di balik pola diet yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat ini terdapat pro kontra diet keto. Namun sebelum beranjak pada Pro kontra diet keto, sudahkah anda mengetahui apa itu diet keto?

Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola konsumsi rendah karbohidrat namun tinggi lemak. Banyak diet yang menganggap lemak adalah musuh, tidak demikian dengan diet keto. Diet ini serupa dengan diet rendah karbohidrat ketat lainnya, seperti diet Atkins atau LCHF (low carb, high fat).

Bedanya, diet keto dirancang untuk membuat tubuh masuk dalam keadaan yang disebut ketosis. Yakni sebuah kondisi ketika asupan karbohidrat sangat rendah, sehingga membakar lemak agar tubuh bisa berenergi.

Untuk bisa mencapai ketosis, diet keto mengharuskan orang yang menjalaninya untuk fokus mengonsumsi makanan tinggi lemak dan protein tapi rendah karbohidrat. Diet ini memungkinkan 5-10% asupan makanan berasal dari karbohidrat. Sebagian besar energi berasal dari lemak, dengan 20% sisanya adalah protein.

Asupan karbohidrat para pelaku diet keto hanya sekitar 10 persen dari asupan makanan mereka sehari-hari. Jumlah karbohidrat itu setara dengan satu potong roti per hari. Menurut ahli nutrisi asal New York, Maya Feller, diet keto memang bisa membantu menurunkan berat badan. "Benar, diet ini bisa menurunkan berat badan," kata Feller dikutip dari ABC News, Senin (28/1/2019).

Namun diet keto ini sempat menuai kontroversi dari beberapa pihak karena dinilai akan menimbulkan masalah kesehatan tertentu seperti kolesterol. Pro kontra diet keto pun muncul dari berbagai kontroversi ini. Pro kontra diet keto terus bergulir di kalangan masyarakat. Nah bagi anda yang ingin menjalankan program diet keto ini, ada baiknya jika anda mengetahui pro kontra diet keto. (***/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait