Artikel Pilihan Editor

KEK Tanjung Kelayang, Wisata Cantik Antara Indonesia dan Negara Asean
KEK Tanjung Kelayang. | Ist
KEK Tanjung Kelayang. | Ist

KEK Tanjung Kelayang, Wisata Cantik Antara Indonesia dan Negara Asean

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): KEK Tanjung Kelayang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016 dan berlokasi di Pulau Belitung. KEK yang ditetapkan sebagai KEK Pariwisata ini memiliki keunggulan geostrategis, yaitu terletak antara Indonesia dan negara Asean yang merupakan target captive market.

"KEK Tanjung Kelayang termasuk ke dalam sepuluh destinasi pariwisata prioritas memiliki objek wisata bahari dengan pantai berpasir putih dan panorama yang eksotis," tulis Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus pada laman resmisnya, Kamis (14/3/2019).

KEK Tanjung Kelayang memiliki pantai yang dihiasi batuan granit raksasa dan merupakan ciri khas dari pantai di kawasan ini. Kawasan ini berdekatan dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang juga memiliki pesonanya tersendiri.

Dengan total luas wilayah sebesar 324,4 hektare, KEK Tanjung Kelayang memiliki konsep pengembangan pariwisata, yaitu “Socially and Environmentally Responsible Development and Cultural Preservation”.

"Dengan konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, KEK ini diharapkan mampu menarik investasi sebesar Rp 20 triliun hingga 2025. Serta mendatangkan 59.000 wisatawan per tahun dengan nilai ekonomi Rp 751,4 miliar per tahun pada saat KEK ini sudah beroperasi penuh," sambung penjelasan itu.

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya berada di Kecamatan Sijuk, hanya berjarak sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan yang merupakan ibu kota Kabupaten Belitung.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan akan mendukung memfasilitasi pendanaan bagi pengembangan KEK pariwisata mulai dari level terbawah. Termasuk KEK Tanjung Kelayang. "Kita akan bantu carikan financing, meyakinkan ke perbankan agar diberikan (fasilitas pendanaan)," kata Menpar Arief beberapa waktu lalu.

Pemerintah mendorong penguatan atraksi pariwisata untuk menarik lebih banyak investor masuk ke Kawasan KEK Tanjung Kelayang. Hingga akhirnya, hari ini KEK Tanjung Kelayang bakal diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Indonesia. (***/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait