Artikel Pilihan Editor

Ketua Perpadi Midi Iswanto Siap Fasilitasi Kelompok Tani Lampung Tengah
Ketua Perpadi Lampung Midi Iswanto saat meninjau lokasi pertanian di Lampung Tengah, Senin (18/2/2019). | Ist
Ketua Perpadi Lampung Midi Iswanto saat ...

Ketua Perpadi Midi Iswanto Siap Fasilitasi Kelompok Tani Lampung Tengah

LAMPUNG TENGAH (Lampungpro.com): Bibit padi jenis baru PIM 1 (Padi Indonesia Menggugat) dikabarkan dapat menghasilkan panen 12 ton perhektar ini lebih banyak dari padi yang saat ini dianggap unggulan yakni padi jenis MAPAN yang hanya bisa menghasilkan 5-7 ton perhektar. Hal ini diungkapkan pemilik sawah Bambang saat mendampingi Ketua Perpadi Lampung meninjau lokasi, Senin (18/2/2019).

BACA JUGA: Padi di Lampung Tengah Hasilkan 12 Ton per Hektar, Ketua Perpadi Midi Iswanto Tinjau Lokasi

Saat meninjau lokasi Midi melihat langsung kondisi padi yang siap panen. "Batangnya besar, tinggi dan padinya menggerombol, berdasarkan perhitungan dua minggu lagi siap panen," kata Midi.

Jika benar hasilnya mencapai 12 ton perhektar, Midi siap fasilitasi untuk di sebarkan ke kelompok petani dibawah binaan Perpadi Lampung untuk menanamnya. "Kita tunggu sampai paska panen, jika kualitasnya bagus dan layang setelah masuk penggilingan kita akan rekomendasikan untuk ditanam secara masal," ungkap Midi yang juga Caleg DPRD Lampung (dapil) Lampung Tengah ini.

Midi menambahkan untuk kepastian kwantitas dan kwalitas hasil akan bisa diketahui dengan pasti ketika nanti pasca panen dan hasil giling oleh anggota Perpadi. "Klo secara visual memang bagus padinya gemuk dan batangnya besar2, hanya nanti akan kami lihat setelah hasil giling menjadi beras apakah banyak butir patah atau tidak, apakah banyak butir mengapur atau tidak," lanjut Midi. (RLS/PRO3)


Komentar

Artikel Terkait