Artikel Pilihan Editor

Menebar Nasi Bungkus di Sudut Bandar Lampung karena Berbagai itu Indah
Seorang relawan membagikan nasi kotak di Bandar Lampung, Jumat (3/4/2017). LAMPUNGPRO.COM
Seorang relawan membagikan nasi kotak di...

Menebar Nasi Bungkus di Sudut Bandar Lampung karena Berbagai itu Indah

BANDAR LAMPUNG--Sebelum matahari beranjak ke peraduan, sejumlah anak muda ini keliling berbagai sudut Kota Bandar Lampung. Bukan untuk jalan-jalan sore, tapi mengais setiap sudut mencari kaum tak berpunya. Mereka menyapanya lalu membagikan nasi bungkus.

Anak-anak muda ini anggota Relawan Nusantara Cabang Lampung. Menurut Koordinator Relawan Nusantara Dede Nuryana, kegiatan bertema Aksi Jumat Menabung (Menebar Nasi Bungkus) itu berlangsung mulai pukul 16.00 sampai nasi bungkus habis terbagi.

Mereka menyasar Jalan Imam Bonjol dan Pasar Tengah. Lalu, Jalan Tamim, Jalan Sultan Agung jalur dua Wayhalim, Jalan Pramuka, dan seputaran Bandar Lampung. "Sebanyak 25 nasi kotak diberikan kepada para pemulung, tukang becak, petugas kebersihan, dan pedagang asongan. Nasi kotak ini amanah dari donatur tetap Jumat Menabung," kata Dede Nuryana yang juga mahasiswa Teknik Sipil Universitas Bandar Lampung angkatan 2015 itu, di Bandar Lampung, Sabtu (4/3/2017).

Gerakan Jumat Menabung yang dimotori Giving Friday Lampung rutin berkumpul setiap Jumat sore. Menurut koordinator Giving Friday Lampung Noval Emre Daraz, komunitas anak-anak muda itu menyisihkan sebagian pendapatannya untuk kaum papa. "Tak ada patokan sumbangan. Seikhlasnya saja. Semua bantuan disumbangkan melalui berbagai lembaga. Salah satunya lewat Jumat Menabung," kata Noval.

Pada 13 Januari 2017, aksi ini membagikan 64 nasi kotak di Bandar Lampung. Demikian halnya pada Februari lalu. Gerakan ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia. Pada Februari 2017, Jumat Menabung berlangsun di 29 Kota/ Kabupaten dengan jumlah paket nasi bungkus sebanyak 2.998.

"Program ini digulirkan pertama kali pada 5 Februari 2016 lalu dan tidak terasa satu tahun program ini dilaksanakan di berbagai kota/kabupaten se-Nusantara," kata Dede Nuryana. (DWI OKTARIANI/PRO1)


Komentar