(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName('script')[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6"; fjs.parentNode.insertBefore(jsfjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Peserta Meningkat, Kesadaran CSR Berkelanjutan di Lampung Membaik
Para pemenang LSA 2018 usai menerima penghargaan di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Jumat (7/12/2018) malam. LAMPUNGPRO.COM
Para pemenang LSA 2018 usai menerima pen...

Peserta Meningkat, Kesadaran CSR Berkelanjutan di Lampung Membaik

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Ketua Umum Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Lampung, Saptarini, mengatakan tanggung jawab sosial perusahaan di Lampung meningkat setiap tahun. Demikian halnya dari sisi program ada peningkatan.

"Tahun ini total mencapai 654 program sebagian besar. Di antaranya ada program-program sosial, lingkungan termasuk juga dibidang infrastruktur. Tahun awal dari 479 program kemudian di tahun kedua menjadi 512 program. Dari angka itu kami mengapresiasi pertumbuhan perusahaan di Lampung," kata Saptarini pada Lampung Sustainability Award (LSA) 2018, di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Jumat (7/12/2018) malam.

LSA merupakan transformasi Lampung CSR Award (LCA) yang berlangsung dua tahun berturut-turut. Transformasi ini bukan hanya sekedar memperluas kelibatan dan kepedulian daripada pelaksana sustainability, tapi memperluas peserta. Di dua penyelenggaraan sebelumnya, hanya perusahaan besar yang masuk penghargaan tersebut. Tahun ini ada keterlibatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Pembangunan keberlanjutan itu juga perlu keterlibatan UMKM. Saat bertemu rekan-rekan UKM, mereka menceritakan proses bisnisnya. Ternyata tanpa disadari itu adalah praktek keberlanjutan. Bagaimana mereka menerapkan prinsip ramah lingkungan dalam proses produksinya," kata Saptarini yang juga Kepala Pusat Studi CSR Universitas Bandar Lampung (UBL) itu.

Selain itu, di tahun ketiga ini ada pemenambahan terhadap badan publik sebagai pendorong utama praktek keberlanjutan. "Tahun ini Bank Indonesia, Kantor Pelayanan Pajak, BPJS Kesehatan dapat penghargaan khusus," ujar Saptarini.

Pada LSA 2018 kategori Lingkungan, pemenang penghargaan diberikan kepada Tirta Investama Plant Tanggamus, Grand Elthy dan KPH Batu Tegi. Lalu, kategori sosial pemenang penghargaan diberikan kepada PLN Distribusi Lampung, PT United Tractors dan Bank Indonesia Perwakilan Lampung. Selanjutnya, kategori ekonomi, pemenang penghargaan diberikan kepada Telkom Witel Lampung, PT Bukit Asam, dan PT Santosa Agrindo.

Ada juga pemenang pada kategori sustainability development, yakni PT Nestle Indonesia Panjang, PT Great Giant Food, dan Coca Cola Amatil Indonesia. Kemudian, peraih penghargaan kategori media yang diraih Lampungpro.com, Lampung Post, Radar Lampung, dan Tegar TV. Penghargaan itu disampaikan Pj. Sekretaris Daerah, Hamartoni Ahadis. (PRO1)

 


Komentar

Artikel Terkait