Artikel Pilihan Editor

Menag Lukman Hakim Sosok Introvert, Dari Kader PMII Hingga Posisi Menteri

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) Lukman Hakim Saifuddin lebih sering menggunakan media sosial Twitter sebagai sarana mengekspresikan pendapat dan pemikirannya. Pria yang pernah menjadi Menag era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengaku merupakan tipe orang yang introvert. Lukman lebih memilih Twitter sebagai media berekspresi dibandingkan instagram.

Politisi PPP ini merasa kurang percaya diri jika harus memposting foto dirinya sendiri lewat akun instagram. Lukman senang menggunakan Twitter karena bisa bertemu dengan beragam jenis orang. "Di Twitter, pengetahuan saya bertambah," ujar Lukman kepada Lampungpro.com melalui whatsapp, Selasa (20/11/2018).

Ia juga kerap mendapat hiburan dari Twitter dengan adanya ciutan orang yang tiba-tiba marah besar atau menyebar meme secara massal. Akun resmi miliknya ialah @lukmansaifuddin. Di akun ini, Lukman mengikuti tidak lebih dari 1000 akun. Salah satu akun yang diikutinya ialah pengarang buku Dilan 1990, yaitu Pidi Baiq.

Lukman Hakim ternyata merupakan anak dari mantan Menteri Agama (Menag) era Presiden Soekarno, yaitu Saifuddin Zuhri. Namun, kiprah Lukman tidak hanya sebatas turunan dari orangtuanya. Semasa kuliah S1 di Universitas Islam As-Syafiiyah, Lukman aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). "Di PMII ini saya ditempa dan dikader hingga seperti sekarang," ujar Lukman. (SYAHREZA/PRO3)


Artikel Terkait