Bukan Cuma Bahaya Obesitas, ini Efek Lain Sering Konsumsi Minuman Bersoda
Ilustrasi minuman bersoda | Lampungpro.com
Ilustrasi minuman bersoda | Lampungpro.c...

Bukan Cuma Bahaya Obesitas, ini Efek Lain Sering Konsumsi Minuman Bersoda

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com) : Banyak orang yang suka minuman bersoda, karena rasanya yang manis dan enak. Memang jenis minuman ini dapat memberikan kesegaran tersendiri. Namun, menurut ahli kesehatan, minuman bersoda mengandung pemanis buatan atau aspartam yang sangat tinggi, dan dapat berbahaya bagi kesehatan seperti obesitas. 
 
Terlebih lagi, dalam sebuah riset terbaru, mengonsumsi minuman bersoda dianggap dapat merusak kesuburan seseorang. Mengapa ini bisa terjadi. Ahli kesehatan di bidang kehamilan, Arvind Vaid menyatakan bahwa pemanis buatan yang terdapat dalam minuman bersoda faktanya bisa mengganggu sistem endokrin pada wanita. Akhirnya, wanita akan terganggu hormonnya dan berakibat pada gangguan kesuburan.
 
Sedihnya, di pasaran banyak didapati minuman bersoda yang mengandung aspartam. Apabila kita suka dengan meminumnya maka akan mengalami risiko kemandulan, menambah risiko keguguran ketika hamil, sampai munculnya perkembangan anggota tubuh yang abnormal pada janin yang dikandung.
 
Wanita yang rutin mengonsumsi minuman bersoda akan mengalami tanda-tanda seperti masalah ovulasi dan bertambah parahnya efek pramenstruasi. Hal ini dipicu oleh hadirnya radikal bebas yang dapat mematikan sel-sel tubuh, terutama yang berada di organ reproduksi sesudah minuman bersoda dikonsumsi.
 
Para pria pun bisa saja berisiko sama dengan wanita dalam hal masalah kesuburan jika terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda. Menurut ahli kesehatan Rachna Jaiswar dari Safdarjung Hospital, minuman bersoda memiliki asam yang tinggi akibatnya dapat merusak keseimbangan pH dalam tubuh dan ini pun berdampak luar biasa pada kesuburan.
 
Untuk para pria yang hobi mengonsumsi minuman bersoda dapat memperbesar risiko menurunnya jumlah sperma dan gerakannya jadi lambar sampai 4 kali lipat yang berpengaruh sekali terhadap kesuburan. Jadi, sebaiknya Anda menghindari sedini mungkin mengonsumsi bersoda karena itu tidak baik bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.(**/PRO4)


Komentar

Artikel Terkait