Artikel Pilihan Editor

Yuk Konsumsi Buah dan Sayuran Hijau, ini Manfaatnya
Ilustrasi buah dan sayuran hijau kaya manfaat| Lampungpro.com
Ilustrasi buah dan sayuran hijau kaya ma...

Yuk Konsumsi Buah dan Sayuran Hijau, ini Manfaatnya

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com) : Buah maupun sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan klorofil yang baik untuk kesehatan. Warna hijau pada sayuran maupun buah mengandung klorofil yang berperan aktif sebagai bahan detoksifikasi alami. Selain itu klorofil juga ampuh melawan infeksi, melancarkan pencernaan, menjaga kekebalan tubuh serta menjaga sirkulasi darah. 

Dilansir dari BoldSky, banyak manfaat yang bisa didapat jika memperbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau seperti alpukat, kiwi, anggur hijau, brokoli, selada, kale, bayam dan sebagainya. 

1. Menurunkan kolesterol jahat Kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol Anda, tingkatkan konsumsi makanan hijau seperti alpukat, zaitun, kacang hijau dan anggur hijau. Buah-buahan hijau ini diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang membantu menurunkan kolesterol.

2. Mencegah kanker 
Banyak hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa diet sayuran hijau dan buah-buahan dapat membantu menangkal sel kanker. Buah dan sayurah hijau mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang membantu memerangi kanker. Beberapa kanker yang bisa dicegah adalah kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara. Fitonutrien ini ditemukan dalam alpukat, zaitun, apel hijau, bayam, kale dan sayuran hijau lainnya.
 
3. Meningkatkan kesehatan mata 
 
Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau terbukti bisa membantu menjaga kesehatan mata. Bayam, kale, buah kiwi, anggur dan zucchini mengandung karotenoid esensial yang disebut lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini bertindak sebagai perisai pelindung untuk mata dan mencegah kerusakan dari cahaya berlebih. Nutrisi ini juga mencegah timbulnya katarak.
 
4. Baik untuk pencernaan

Makanan berserat tinggi bisa menjaga fungsi pencernaan. Makanan seperti artichoke, apel, brokoli, kacang hijau, kacang polong dan lobak hijau termasuk yang baik untuk dikonsumsi. Secara alami, serat menyerap kelebihan air di dalam usus, ini mempengaruhi sistem kerja usus. 
 
5. Meningkatkan metabolisme

Buah dan sayuran berwarna hijau mampu meningkatkan metabolisme yang membantu Anda menurunkan berat badan. Paprika hijau, alpukat, bayam adalah beberapa makanan hijau yang meningkatkan aktivitas metabolisme. Nutrisi yang paling penting untuk fungsi metabolisme adalah vitamin B.
 
6. Meningkatkan fungsi otak
 
Sayuran dan buah hijau seperti brokoli, kacang hijau, kubis Brussel, alpukat, asparagus, bayam, kale semuanya kaya akan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Folat dikenal untuk mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak secara keseluruhan. Jadi sayuran dan buah hijau juga menjaga kecerdasan.(**/PRO4)


Komentar

Artikel Terkait