Artikel Pilihan Editor

Komisioner KPU Lampung Solihin Biasakan Lari Pagi Sebelum ke Kantor

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com): Kesibukan menjadi penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) tidak menjadikan Solihin lupa untuk menjaga kesehatan. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung ini membiasakan lari pagi sebelum berangkat ke tempat kerja. "Rumah dekat PKOR Way Halim, saya biasa lari pagi," kata Solihin kepada Lampungpro.com, Minggu (26/8/2018) siang.

Komisioner KPU Lampung yang menjabat hampir 10 tahun ini juga menyempatkan waktu untuk memancing saat akhir pekan. Hal tersebut ia lakukan untuk menghilangkan kepenatan aktivitas kerja. "Tapi tidak mesti sebulan sekali, karena padatnya jadwal pemilu," kata lulusan jurusan Hukum Tata Negara Universitas Lampung ini.

Menjaga kesehatan pun juga ia lakukan dengan cara menjaga pola makan. Ia mengaku sudah mengurangi konsumsi daging merah dan memperbanyak makan ikan, telur dan sayur-sayuran. "Tips khusus tidak ada," kata pria berusia 42 tahun ini.

Menjadi Komisioner KPU Lampung hampir 10 tahun membuat Solihin juga lebih bijak. Selama mengabdi di penyelenggara pemilu, ia mendapat arti bahwa orang bahagia dan bijak tidak tergantung pada pendidikan yang tinggi. "Tetapi juga ditentukan pergaulan serta sosialisasi dalam hidup sehari-hari," kata alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Syarif Hidayatullah ini.

Ia banyak mengambil pelajaran kehidupan selama menjadi penyelenggara pemilu. Menurut dia, semangat penyelenggara pemilu ialah melayani dengan adil terhadap seluruh peserta pemilu. "Jujur dan adil dalam melayani, seperti slogan KPU Melayami," kata pria yang pernah mengenyam pendidikan di Pringsewu ini. (SYAHREZA/PRO3)