Artikel Pilihan Editor

Tingkatkan PAD, Pemkot Bandar Lampung Tambah Tapping Box
Ilustrasi tapping box di tempat hiburan | Ist/Lampungpro.com
Ilustrasi tapping box di tempat hiburan ...

Tingkatkan PAD, Pemkot Bandar Lampung Tambah Tapping Box

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com) : Hingga awal bulan Agustus 2018, capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandar Lampung dari sektor pajak hiburan sudah mencapai 67 persen. Sedangkan PAD secara keseluruhan dari berbagai sektor baru sekitar 40 persen.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Bandar Lampung Yanwardi menjelaskan, beberapa item pajak yang sudah lebih dari 50 persen adalah pajak hotel yakni 64 persen dan hiburan 67 persen. "Tapi ada juga restoran 47 persen. Ya fluktuasi gitu, kalau keseluruhan 40 lebih lah, kan campur pajak dan retribusi," kata dia.

Ia mengungkapkan, untuk meningkatkan PAD pihaknya tengah berupaya untuk menambah taping box yang saat ini baru terpasang 10 unit di beberapa restoran dan tempat hiburan. "Kami upayakan agar semua pasang taping box. Kami lihat keadaan APBD, kalau mungkin APBD P, kalau tidak maka di APBD murni 2019," ungkap dia.

Ia mengaku optimistis dengan pemasangan alat tersebut dapat mengoptimalkan PAD dari sektor pajak. Selain itu dengan pemasangan taping box tersebut juga menghilangkan perasaan curiga terkait dugaan WP yang nakal, yakni membayar pajak tidak sesuai penghasilan.

Untuk itu, pihaknya berencana memasang taping box di semua tempat usaha restoran, hiburan, dan lainnya. "Nanti kami tambah, entah itu seratus atau dua ratus kami lihat keuangan juga. Kalau sekarang baru sepuluh," jelasnya.(REKANZA/PRO4)


Komentar

Artikel Terkait