Artikel Pilihan Editor

Pilpres 2019, Jokowi Pilih KH Ma'ruf Amin Jadi Calon Wapres, ini Alasannya
Joko Widodo (kiri) saat bersama KH Ma'ruf Amin. LAMPUNGPRO.COM
Joko Widodo (kiri) saat bersama KH Ma'ru...

Pilpres 2019, Jokowi Pilih KH Ma'ruf Amin Jadi Calon Wapres, ini Alasannya

JAKARTA (Lampungpro.com): Koalisi Indonesia Kerja akhirnya memasangkan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin sebagai calon presiden dan wakil presiden untuk berlaga di Pemilihan Presiden 17 April 2019. Pemilihan ini mematahkan prediksi pengamat yang menyebutkan calon wakil presiden adalah Mahfud MD.

Keputusan itu disampaikan langsung oleh Jokowi di Jakarta, Kamis (9/8/2018) sore. "Sembilan Ketua partai Koalisi Indonesia Kerja sudah menandatangani keputusan ini," kata Jokowi.

Pemilihan KH Ma'ruf Amin, menurut Jokowi, melalui perenungan mendalam dan mempertimbangkan masukan serta saran dari berbagai elemen masyarakat. "Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yaitu Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden periode 2019-2024 adalah Prof. Dr. KH Ma'ruf Amin," kata Jokowi.

Mengapa KH Ma'ruf Amin yang dipilih? Menurut Jokowi, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) kelahiran Tangerang 11 Maret 1943 itu, sebagai sosok utuh tokoh agama yang bijak. Ma'ruf Amin pernah duduk di legislatif sebagai anggota DPR RI, MPR RI, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), dan Rais Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. (PRO1)


Komentar

Artikel Terkait