Artikel Pilihan Editor

Hujan Diprediksi Masih Mengguyur Lampung, Cek Informasi Lengkapnya Disini
Prakiraan cuaca | Net/Lampungpro.com
Prakiraan cuaca | Net/Lampungpro.com

Hujan Diprediksi Masih Mengguyur Lampung, Cek Informasi Lengkapnya Disini

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.com) : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung menyampaikan peringatan dini cuaca buruk hujan lebat disertai petir yang diperkirakan terjadi pada sejumlah daerah di Provinsi Lampung pada Selasa hingga Rabu (14/3/2018) pagi.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Haryanto, kewaspadaan potensi hujan lebat disertai petir itu diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat dan Lampung Tengah pada sore hari, dan potensi hujan lebat disertai petir diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Barat, Lampung Utara, dan Lampung Tengah pada malam hari.

"Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung ini berlaku dari tanggal 13 Maret pukul 07.00 WIB hingga 14 Maret 2018 pukul 07.00 WIB," ujar dia.

Rudi menjelaskan, angin secara umum bertiup dari arah barat daya hingga timur laut dengan kecepatan antara 3-13 knots (5-25 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 3-10 km. Suhu udara secara umum berkisar antara 23-32 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 17-29 derajat Celsius.

"Kelembapan udara secara umum berkisar antara 62-97 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 68-98 persen," jelas dia.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Tanggamus, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Pesisir Barat.

Siang hari berpotensi hujan di wilayah Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, dan Pesisir Barat.

Malam hari berpotensi hujan di wilayah Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, dan Pesisir Barat.

Dini hari berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

Rudi menerangkan, hujan lebat yang kerap mengguyur sejumlah wilayah di Provinsi Lampung beberapa hari ini, di antaranya mengakibatkan banjir pada sejumlah kabupaten/kota, seperti di Kabupaten Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Way Kanan, dan Kota Bandarlampung.

"Hingga senin (12/3/2018) malam, banjir masih terjadi di Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Selatan, sehingga berdampak bagi warga setempat sebagian masih dalam pengungsian," terang dia.

BMKG menyatakan apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan melalui Whatsapp Group (0816404333) dan media sosial Facebook (Infocuaca BMKG Lampung) atau bisa diakses langsung via website http://www.stametlampung.com.(REKANZA)


Komentar

Artikel Terkait