Artikel Pilihan Editor

Kapolres Lampung Timur akan Periksa Petugas Taman Nasional Way Kambas
Gajah Taman Nasional Way Kambas yang keberadaannya terus diburu pemburu liar. | PARADISLAMPUNG/Lampungpro.com
Gajah Taman Nasional Way Kambas yang keb...

Kapolres Lampung Timur akan Periksa Petugas Taman Nasional Way Kambas

LAMPUNG TIMUR (Lampungpro.com): Kapolres Lampung Timur AKBP Yudhy Chandra Erlianto akan melakukan penyelidikan dengan melalukan pemeriksaan sejumlah pegawai Balai Taman Nasional Way Kambas, terkait ditemukannya bangkai gajah di Hutan TNWK. Hal itu ditegaskan Kapolres saat ditemui Lampungpro.com Selasa (13/2/2018).

Menurut Yudhy, dugaan kuat binatang dilindungi itu mati ditembak, karena ditemukan bekas luka tembak. Hal itu merupakan tindakan kejahatan yang masuk dalam ranah pidana dan harus dilakukan penyeledikan khusus untuk mengungkap sindikat perburuan gajah liar.

Kapolres mengakui, pertama kali yang akan dimintai keterangan sebagai saksi yaitu, petugas Balai TNWK terutama yang memiliki tanggung jawab Seksi III Kualapenet, tempat binatang tambun itu ditemukan. “Sebelum melakukan penyelidikan lebih dalam kami periksa dulu sejumlah petugas TNWK,” kata Kapolres.

Menurut dia, selama ini memang belum pernah terungkap atau tertangkap pelaku pemburu gajah liar. Sehingga, jika dibiarkan dan tidak direspon semaksimal mungkin maka habitat gajah yang menjadi icon Lampung akan hilang. “Ini peristiwa miris, di mana sebuah hutan sebagai habitat hewan langka sudah tidak nyaman lagi,” kata Yudhy. (SUSANTO/PRO2)


Komentar

Artikel Terkait