Artikel Pilihan Editor

Pelajari Kemitraan Jagung, Ratu Belanda Maxima Kunjungi Lampung
Ratu Belanda MAxima saat tiba di Katibung, Lampung Selatan, Senin (12/2/2018). LAMPUNGPRO.COM
Ratu Belanda MAxima saat tiba di Katibun...

Pelajari Kemitraan Jagung, Ratu Belanda Maxima Kunjungi Lampung

KATIBUNG (Lampungpro.com): Ratu Maxima, istri Raja Belanda Willem-Alexander, berkunjung ke Dusun Bangun Rahayu, Desa Neglasari, Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan, Senin (12/2/2018) pukul 09.30 WIB. Kedatangan Ratu Maxima untuk mempelajari kemitraan jagung yang dikembangkan PT Vasham.

Kunjungan ini bertujuan bertemu dan berinteraksi langsung dengan petani mitra penanam jagung PT Vasham. "Ratu Maxima ingin melihat langsung model bisnis kemitraan dengan para petani jagung di Lampung," kata Chief Operating Officer PT Vasham, Iki Sari Dewi.

PT Vasham merupakan inisiatif wirausaha sosial yang dilahirkan Irvan Kolonas untuk mendampingi dan membantu petani jagung. Sejak empat tahun lalu, Vasham mulai mendampingi petani di Lampung untuk menghasilkan jagung yang bisa diserap industri. Upaya yang dilakukan mulai dari memberikan bantuan permodalan dalam bentuk bibit, pupuk, dan biaya operasional.

Selain itu, Vasham juga membantu menangani pascapanen berbasis kelompok tani untuk pemipilan hingga siap kirim ke pabrik pakan ternak. Menurut CEO PT Vasham, Irvan Colonas, hasil panen jagung pipil dari petani meskipun dikeringkan, masih memiliki kadar air tinggi sehingga perlu dikeringkan kembali untuk diterima pabrik pakan.

Di Lampung, PT Vasham menggandeng PT Japfa Comfeed Indonesia agar mampu membangun jembatan untuk menutup gap antara petani dan industri selama ini. Tuntutan industri untuk menerima jagung dengan kadar air 15% tidak mampu dipenuhi petani karena proses pengeringan mereka hanya mengandalkan sinar matahari.

Model kemitraan bisnis jagung PT Vasham menggunakan konsep wirausaha sosial. Kedatangan Ratu Maxima, kata Iki Sari Dewi, difokuskan pada financial inclusion, agar seluruh masyarakat bisa mengakses produk finansial. (PRO1)


Komentar

Artikel Terkait